EmitenNews.com - PT Kalbe Farma (KLBF) meraih INDI 4.0 Awards 2021 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Penghargaan itu, berkat penerapan inovasi, dan teknologi informasi manufaktur dengan kategori aggressive digitalization untuk pabrik perseroan di Cikarang.


Lalu, kategori agile organization untuk pabrik PT Sanghiang Perkasa di Cikampek. INDI 4.0 Awards 2021, penghargaan untuk industri berdaya saing tinggi dengan pengukuran readiness index (INDI) 4.0 dalam bertransformasi menuju industri 4.0. 


Award itu, berbasis pada 5 pilar INDI 4.0. Meliputi manajemen dan organisasi, orang dan budaya, produk dan layanan, teknologi, dan operasi pabrik. ”Dengan transformasi industri 4.0, Kalbe terus berinovasi menghasilkan produk, dan layanan berkualitas,” tutur Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma, Jumat (3/12).


Kalbe berkomitmen melakukan investasi digital secara end-to-end baik secara teknologi, proses sampai sumber daya manusia. Seluruh elemen itu, perlu untuk membangun sistem quality dari setiap proses, produk, dan layanan dihasilkan Kalbe. Penghargaan itu, menjadi salah satu bukti, Kalbe telah bertransformasi digital dengan integrasi setiap proses bisnis (end to end business process).


Mulai supplier, R&D, manufaktur, distribusi, marketing, dan konsumen. Award itu, hasil verifikasi lapangan, dan seleksi kelayakan pada 15-17 November 2021 oleh tim penilai sejumlah perguruan tinggi macam ITB, UI, ITS, dan UGM. Penghargaan kali ini, edisi ketiga sejak diluncurkan kali pertama pada 2019. Salah satu karyawan Kalbe juga menerima penghargaan kategori Digital Transformation Manager yaitu Yudha Agus Tri Basuki dari anak usaha Kalbe PT Kalbe Morinaga Indonesia.


sisi konsumen, Kalbe juga terus mengembangkan layanan digital baik secara B2B atau B2C. Kalbe telah mengembangkan EMOS untuk layanan B2B, dan KlikDokter untuk layanan B2C. EMOS, sistem aplikasi order management, memudahkan saluran distribusi melakukan manajemen stok atau supply chain. KlikDokter, platform digital layanan kesehatan khususnya telemedicine menyediakan konsultasi kesehatan, dan produk-produk kesehatan masyarakat. (*)