EmitenNews.com - PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk (GHON) telah dan tengah melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi (khususnya menara) pada kawasan-kawasan pinggiran Kalimantan, yang merupakan wilayah pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur. 


Manajemen GHON menilai, dengan adanya proyek IKN akan membuat kebutuhan akan infrastruktur telekomunikasi menjadi semakin meningkat, Sehingga pembangunan dan pengembangan infrastruktur telekomunikasi di IKN dan kawasan sekitarnya sangat diperlukan. 


Dengan adanya kebutuhan ini tentu merupakan peluang bagi GHON untuk turut serta berperan dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur telekomunikasi di IKN dan kawasan sekitarnya. 


Proses pembangunan infrastruktur telekomunikasi tersebut sudah secara bertahap dilakukan perusahaan sejak semester kedua tahun lalu. Adapun, infrastruktur telekomunikasi yang mulai dibangun pada tahun lalu, sebagian besarnya sudah rampung, sehingga saat ini GHON tengah melanjutkan pembangunan baru.


Selain sudah mulai melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di kawasan IKN, GHON juga tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk mengantisipasi perkembangan pesat dari proyek IKN tersebut. 


GHON menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 250 miliar tahun ini. Adapun 95% dari dana capex tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya yang berada di wilayah proyek IKN Kalimantan Timur, lantaran diproyeksikan kebutuhannya akan terus meningkat.