EmitenNews.com - PT Telkom Indonesia (TLKM) menyuntik modal Telkomsel Ekosistem Digital (TED) Rp292 miliar. Penguatan modal TED itu, dilakukan perseroan melalui anak usaha Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).


Transaksi itu, masuk ranah afiliasi. Itu seiring Telkomsel merupakan anak perusahaan dengan kepemilikan 65 persen. Sedang TED, anak  usaha di bawah kendali Telkomsel dengan kepemilikan 99,99 persen.


Penguatan modal itu, klaim manajemen Telkom untuk memperkuat platform digital besutan TED. Transaksi itu, telah melalui prosedur afiliasi, dan transaksi benturan kepentingan. Selain itu, transaksi tidak mengandung benturan kepentingan sebagaimana POJK 42/2020.


Pada 28 April 2022, Telkom mengakuisisi saham TelkomSigma Rp2,59 triliun. Transaksi masuk afiliasi karena TelkomSigma anak usaha PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) dengan kepemilikan 100 persen sejak 14 April 2022. TelkomMetra, anak usaha Telkom dengan kepemilikan 99,99 persen. 


Setelah transaksi afiliasi itu, 56,39 saham TelkomSigma milik Telkom, dan 43,61 persen milik TelkomMetra. Transaksi afiliasi melibatkan Telkom dengan Sigma, perusahaan terkendali. Di mana, seluruh saham Sigma dimiliki secara tidak langsung Telkom. (*)