EmitenNews.com - Tahun depan Putra Rajawali Kencana (PURA) bakal melakukan private placement maksimal 576.866.939 saham atau 576,86 juta lembar. Aksi itu, akan dilakukan setelah mendapat restu dari pemegang saham via Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis, 27 Januari 2022. 


Private placement itu, setara 9,99 persen saham dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan dengan nilai nominal Rp50. Emiten sebagian sahamnya dipegang Ustaz Yusuf Mansur itu, untuk memberi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan sekaligus melaksanakan kegiatan usaha. ”Aksi itu, untuk memperkuat struktur permodalan guna memperluas pasar logistik supply chain ke Sumatera,” tutur Ratna Hidayati, Corporate Secretary Putra Rajawali Kencana, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (22/12).


Melalui private placement itu, Putra Rajawali Kencana diharap mendapat alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan pelaksanaan, dan pengembangan kegiatan usaha tersebut. Putra Rajawali Kencana, masih dalam proses menemukan calon pemodal eksternal untuk berpartisipasi dalam private placement tersebut. ”Calon pemodal eksternal tidak ada hubungan afiliasi,” tegasnya.


Hajatan itu, tidak berpotensi mengubah pengendalian. Maklum, rencana pelaksanaan private placement itu, maksimal 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor. Nah, dengan tambahan saham baru, pemegang saham lawas akan mengalami dilusi kepemilikan saham secara proporsional sesuai jumlah saham baru yang dikeluarkan yaitu maksimum 9,99 persen. (*)