EmitenNews.com - PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) telah menginformasikan bahwa pemeliharaan Turnaround Pabrik Amoniak Banggai (BAP) yang dijadwalkan dilaksanakan mulai pada tanggal 11 Oktober 2021 telah berjalan dengan baik hingga saat ini. 

 

Turnaround Maintenance tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting bagi keberlangsungan pabrik dan dilakukan saat pabrik berada dalam keadaan shutdown, termasuk pergantian dan pemeliharaan korektif peralatan dan katalis, dimana biasanya paling cepat bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 1 bahkan hingga 3 bulan tergantung dari hasil temuan apa saja yang perlu diperbaiki atau diganti. 

 

Oleh sebab itu, meskipun Perusahaan berharap bisa sesegera mungkin menyelesaikan pemeliharaan, namun melihat dari kondisi terkini di lapangan, diperkirakan turnaround maintenance baru akan selesai dengan baik dan sesuai harapan pada bulan Desember 2021, kata Erfine Kumala Furi Corporate Secretary ESSA, Senin (29/11/2021).

 

Kegiatan Turnaround Maintenance ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh BAP sejak fasilitas pabrik beroperasi pada bulan Agustus 2018. Sehubungan BAP merupakan satu-satunya di dunia yang memanfaatkan teknologi terbaru untuk menghasilkan amoniak yang disebut ‘KBR Reforming Exchanger System and Purifier Technology’ (KBR).

 

Maka team KBR sebagai mitra teknologi telah berada di lapangan sejak awal untuk mengawasi kegiatan pemeliharaan, terutama untuk memastikan fasilitas pabrik akan berjalan secara optimal setelah kegiatan ini. Sebelumnya penghentian sementara guna melakukan maintenance Turnaround Pabrik Amoniak Banggai (BAP) telah di informasikan pada 21 Oktober 2021