EmitenNews.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menyampaikan bahwa perseroan telah melakukan transaksi afiliasi dengan salah satu anak usahanya yakni PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat).


Direktur Keuangan & Manajemen Risiko TLKM, Heri Supriadi menuturkan, transaksi afiliasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu berupa Shareholder Loan. Adapun nilai daripada transaksi tersebut sebesar Rp116 miliar.


"Pada tanggal 13 Mei 2022 telah dilakukan Transaksi Afiliasi berupa Shareholder Loan oleh Telkom kepada Telkomsat dalam rangka pendanaan pengembangan bisnis Telkomsat,"kata Heri, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.


Namunn ia menegaskan bahwa transaksi ini telah melalui Prosedur Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan. Selain itu, transaksi ini tidak mengandung benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan POJK 42/2020.


Sebelumnya, elkom Indonesia (TLKM) memfasilitasi pinjaman Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) Rp397 miliar. Pinjaman kepada anak usaha tersebut berlabel shareholder loan. Transaksi afiliasi itu, telah diteken pada 18 Maret 2022. 


Transaksi afiliasi itu, dilakukan untuk pendanaan pengembangan bisnis Telkomsat. ”Suntikan modal Telkomsat untuk mendongkrak kinerja dengan harapan berkontribusi lebih kepada perseroan,” tutur Heri Supriadi, Direktur Keuangan & Management Risiko Telkom Indonesia.


Telkom Indonesia menguasai saham Tekomsat sebanyak 99,99 persen. Sementara itu, pemerintah Indonesia menjadi pengendali Telkom Indonesia dengan kepemilikan 52,09 persen, dan masyarakat 47,91 persen.