EmitenNews.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan konstruksi Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu) sampai Seksi 2A Bekasi Barat bisa rampung pada Juni 2022. Hal itu diungkap Direktur Utama (Dirut) Waskita Destiawan Soewardjono dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (14/2).


"Progres pembangunan jalan tol tersebut sampai dengan saat ini 97,14 persen yakni sampai dengan Seksi 2A Bekasi Barat," papar Destiawan. Untuk pembangunan Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu sendiri BUMN konstruksi ini telah emnerima dana penyertaan modal negara atau PMN 2021 sebesar Rp1,1 triliun.


Saat ini seksi tol tersebut yang sudah beroperasi adalah DI Panjaitan-Jakasampurna sepanjang 11,90 kilometer.


Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu merupakan salah satu dari tujuh jalan tol yang optimistis akan diselesaikan oleh Waskita Karya dengan dana PMN 2021.


Ruas-ruas tol lainnya antara lain Ruas Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (KAPB) Tahap 2, Ruas Tol Cimanggis - Cibitung (CCTW) Seksi 2, Ruas Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (BOCIMI) Seksi 2, Ruas Tol Pejagan - Pemalang (PPTR), Ruas Tol Krian - Legundi - Bunder - Manyar (KLBM) Seksi 4, dan Ruas Tol Pasuruan - Probolinggo (PASPRO) Seksi 4.


Sebelumnya Waskita Karya berharap keseluruhan seksi Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu) dapat beroperasi pertengahan tahun depan.


SVP Corporate Secretary Waskita Ratna Ningrum berharap keseluruhan seksi Jalan Tol Becakayu yang dibangun untuk mengurai kemacetan di Kalimalang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2022.


Selain itu dapat menjadi alternatif pengguna jalan tol khususnya dari Bekasi menuju Tanjung Priok dan sekitarnya dengan waktu tempuh yang jauh lebih singkat.(fj)