EmitenNews.com—PT ABM Investama Tbk (ABMM) mengumumkan bahwa Perseroan telah memulai undangan kepada pemegang Surat Utang sebesar 9,500% yang jatuh tempo pada tahun 2026. 


Merujuk keterangan resmi ABMM yang dimuat dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Sabtu (22/10/2022) disebutkan, Perseroan bermaksud untuk membiayai penawaran tender tunai untuk pembelian kembali sebanyak-banyaknya USD40 juta atas jumlah terhutang berdasarkan surat utang USD200 juta dengan bunga tetap sebesar 9,500% jatuh tempo pada tahun 2026 (Surat Utang 2026).


Surat utang ini dijamin oleh PT Reswara Minergi Hartama, PT Tunas Inti Abadi, PT Pelabuhan Buana Reja, PT Cipta Kridatama, PT Cipta Krida Bahari, PT Sanggar Sarana Baja, PT Alfa Trans Raya, PT Baruna Dirga Dharma, PT Dianta Daya Embara, PT Agata Nugraha Nastari, PT Prima Wiguna Parama, dan PT Radhika Jananta Raya, anak-anak perusahaan Perseroan.


Penyelesaian Penawaran Tender bergantung pada pemenuhan kondisi tertentu, dalam setiap hal, sebagaimana diubah, diganti, dikesampingkan atau ditambah oleh Para Penerbit dan Perseroan. 


Jumlah yang harus dibayarkan untuk setiap USD1.000 atas jumlah pokok Surat Utang yang ditawarkan secara sah pada atau sebelum pukul 17:00 waktu New York, pada tanggal 2 November 2022 sebagai batas waktu tender awal dan tidak ditarik secara sah pada atau sebelum pukul 17:00 waktu New York, pada tanggal 2 November 2022 batas waktu penarikan dan diterima untuk pembayaran sesuai dengan Penawaran akan dihargai yang setara dengan jumlah USD1.000 per USD1.000 jumlah pokok Surat Utang ditambah Bunga Akrual yang Berlaku (sebagaimana didefinisikan di dalam Memorandum Penawaran Tender) (Harga Penawaran Tender Awal), apabila semua kondisi Penawaran telah dipenuhi atau dikesampingkan pada atau sebelum Tanggal Penyelesaian (sebagaimana didefinisikan di bawah). 


Para Pemegang Surat Utang harus secara sah menawarkan Surat Utang mereka pada atau sebelum Batas Waktu Tender Awal dan tidak ditarik secara sah atas Surat Utang mereka pada atau sebelum Batas Waktu Penarikan untuk menerima Harga Penawaran Tender Awal. Jumlah yang harus dibayar untuk setiap USD1.000 atas jumlah pokok Surat Utang yang ditawarkan secara sah setelah Batas Waktu Tender Awal namun pada atau sebelum pukul 23:59 waktu New York, pada 17 November 2022 batas waktu jatuh tempo dan diterima untuk pembayaran sesuai dengan Penawaran akan dihargai dengan jumlah USD950.00 per USD1.000 jumlah pokok Surat Utang ditambah bunga akrual yang berlaku. 


Penawaran atas Surat Utang sesuai dengan Penawaran hanya akan diterima dalam jumlah pokok yang setara dengan paling sedikit US$200.000 dan dalam kelipatan integral US$1.000 dan setelahnya sebagai denominasi yang sah.