EmitenNews.com—PT Adhi Karya Tbk (ADHI) segera merampungkan pembangunan RDF Plant Bantargebang yang akan menjadi RDF Plant atau fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar terbesar di Indonesia dengan kapasitas pengolahan sampah hingga 2000 ton per hari.


Sekretaris Perusahaan ADHI, Farid Budiyanto menjelaskan, perkembangan pembangunan fisik dari RDF Plant per Oktober 2022 telah mencapai 83 persen.


“Fasilitas ini direncanakan akan selesai pada Desember 2022 dan siap dioperasikan di tahun 2023,” kata dia kepada media, Selasa (11/10/2022).


Ia berharap, proyek ini bisa menjadi salah satu solusi dari penumpukan sampah untuk diolah menjadi energi yang bermanfaat, karena produk yang dihasilkan dari pengolahan RDF ini memiliki nilai kalor yang setara dengan nilai kalor batu bara muda.


“Fasilitas ini akan mengubah endapan sampah di TPST Bantargebang menjadi bahan bakar yang mampu menjadi sumber energi layaknya batu bara,” tukas dia. 


Untuk diketahui, ADHI dalam proyek ini mengerjakan fasilitas pengolahan sampah, fasilitas Landfill Mining sebagai lahan urug zona sampah terdekomposisi, dan bangunan penunjang lainnya, seperti gudang produk, kantor pengelola, area kelistrikan, workshop dan landscape.