EmitenNews.com - Ekspansi pengusaha Indonesia untuk membeli klub-klub sepakbola terkemuka di dunia terus bertambah. Terbaru, pengusaha muda yang juga Direktur Utama Emtek Group, Alvin Sariaatmadja, resmi menjadi pemilik klub sepakbola Italia, Lecce, yang musim ini kembali promosi ke kompetisi Serie A.


Kepastian itu terungkap setelah Jumat (27/5/2022 kemarin Lecce mengumumkan secara resmi bergabungnya konsorsium yang membeli saham klub. Konsorsium ini dipimpin oleh tiga orang, yakni Boris Francesco Jean Collardi, pengusaha Italia Pascal Picci, dan pengusaha muda Indonesia Alvin Sariaatmadja.


Wartawan sepakbola Itali dari Indonesia, Rayana Djakasurya lewat akun Twitternya memperkuat kabar tersebut. Ia memposting informasi bahwa Presiden Lecce, Saverio Sticchi Damiani resmi mengumumkan bahwa dua mitra baru akan gabung dengan klub.


"I Salentini mengkonfirmasi kehadiran diantara anggota konsorsium Collardi (yg akan berinvestasi klub), Alvin Sariaatmadja, CEO Emtek, dan Pascal Picci, presiden tim F1 Alfa Romeo," sebut Rayana.


Di jagat maya juga bertebaran foto yang mendukung pembelian saham klub Lecce. Dalam delegasi yang datang ke Stadion Via del Mare untuk meresmikan akusisi ini, turut hadir influencer asal Indonesia Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina itu juga mendapatkan jersey Lecce dengan nomor punggung 62 dan tulisan namanya.


Kehadiran Raffi sempat memunculkan spekulasi di tanah air bahwa selebritas yang juga pemilik klub RAN Cilegon itu ikut membeli Lecce. Namun dalam pengumuman resmi Lecce tak menyebut Raffi sebagai salah satu pembeli klub.


Meski tak membeli klub, Lecce sangat senang dengan kehadiran Raffi yang sangat populer di Indonesia. Lecce bahkan menyandingkan Raffi dengan pemain andalannya Massimo Coda.


Lecce pada Liga Italia musim 2021/2022 bermain di Serie B. Namun Coda dan kawan-kawan berhasil meraih tiket promosi sehingga musim depan akan main di Serie A.


Dengan ikut mengakuisisi Lecce, Alvin Sariaatmadja menambah deretan pengusaha Indonesia yang pernah memiliki klub sepak bola internasional. Sebelumnya Erick Thohir pernah memiliki klub DC United di AS, dan kemudian membeli klub Liga Italia Serie A, Inter Milan.


Selain Erick ada Djarum Grup yang juga ikut memiliki saham klub Italia lainnya, yakni Como. Setelah dari Inter, Erick Thohir kini juga memiliki klub Oxford United bersama Anindya Bakrie.(fj)