EmitenNews.com — PT XL Axiata Tbk (EXCL) memperluas kemitraan dengan Juniper Networks (JNPR), perusahaan penyedia jaringan berbasis kecerdasan buatan ( artificial intelligence /AI) yang bermarkas di Amerika Serikat, untuk mengakselerasi layanan 5G di Indonesia.

 

Kerja sama itu kembali terjalin setelah XL resmi menjadi salah satu pengguna produk JNPR berupa  Segment Routing over  IPv6 (SRv6) dan  Universal Router  seri MX untuk meningkatkan infrastruktur jaringan yang sudah ada.


Group Head Network Planning & Design  XL Axiata Fadly Hamka menegaskan bahwa pihaknya melanjutkan kemitraan jangka panjang bersama Juniper Networks dalam membangun jaringan 5G.

 

Menurut dia, dengan memanfaatkan solusi  routing  dan kemampuan SRv6 Juniper, perseroan dapat memiliki jaringan yang bisa lebih diandalkan, skalabilitas jaringan yang lebih luas, dan operasional jaringan yang lebih sederhana.

 

"Bersama Juniper, kami berharap dapat mendukung ekonomi digital Indonesia dan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi sesuai permintaan pelanggan dan pilihan untuk memberikan latensi rendah untuk layanan-layanan 5G ke depan," kata Fadly dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6/2022).

 

Sementara itu,  Senior Director  ASEAN & Taiwan Juniper Networks Perry Sui menyampaikan, perluasan hubungan jangka panjang ini membuktikan bahwa JNPR dan EXCL mampu membangun jaringan yang scalable dan cerdas secara operasional.

"Dengan solusi SRv6 yang mengutamakan pengalaman dan kemampuan, kami yakin EXCL akan memberikan pengalaman 5G yang unggul dan terus menyediakan konektivitas kelas dunia di Indonesia untuk jangka panjang," jelas Perry Sui.

 

Sebelumnya, EXCL telah bekerjasama dengan Juniper untuk merancang infrastruktur  backhaul  seluler pendukung jaringan 4G LTE nasional.

 

Atas pertimbangan itu, perseroan pun kembali memilih Juniper sebagai jaringan utama ( core  dan  aggregation ) berbasis SRv6 untuk mendukung layanan 5G di seluruh Indonesia.

 

Platform  Universal Routing  seri MX240, MX480, MX960 dan MX2020 sebagai bagian dari portfolio 400G Juniper bakal berfungsi sebagai fondasi/ core  jaringan transportasi berbasis SRv6. Hal ini memberikan kesiapan kepada EXCL untuk menghadirkan layanan 5G berteknologi terkini.