EmitenNews.com - Aksi jual di pasar saham global berlanjut di regional Asia pada trading hari Rabu (14/2). Greenback dan yield US Treasury menanjak naik seiring para trader mengurangi ekspektasi kecepatan dan pemangkasan suku bunga oleh the Fed di tahun ini.

Pergeseran terbaru ekspektasi suku bunga terjadi setelah kejutan kenaikan inflasi AS pada hari Selasa yang menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) naik 3,1 persen secara tahunan, di atas perkiraan kenaikan 2,9 persen.

Kontrak berjangka sekarang menunjukkan sekitar 90 basis poin pelonggaran diperkirakan oleh The Fed tahun ini, dibandingkan dengan 110 bps sebelum rilis data dan 160 bps pada akhir tahun lalu.

Hal ini terus memberikan tekanan pada saham-saham global, telah menguat kuat menjelang akhir tahun lalu karena adanya spekulasi agresif untuk penurunan suku bunga oleh bank-bank sentral utama secara global pada 2024.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang turun 0,3 persen dan menuju kerugian hari kelima berturut-turut. "Data yang lebih kuat mendorong kembali harapan penurunan suku bunga Federal Reserve dalam waktu dekat," kata Daniela Hathorn, analis pasar senior di Capital.com.

"Kita mungkin harus menunggu paruh kedua tahun ini agar The Fed mulai melakukan pemotongan suku bunga, namun masalahnya bukan apakah bank sentral akan memangkas suku bunga tahun ini, karena hal tersebut hampir pasti pada saat ini, namun berapa banyak penurunan suku bunga yang akan terjadi."

Nikkei Jepang turun 0,7 persen, setelah naik 2,9 persen di sesi sebelumnya dan melampaui level 38.000. Pergerakan Nikkei yang lebih tinggi baru-baru ini sebagian dibantu oleh melemahnya yen, yang telah melemah melewati level penting 150 per dolar untuk pertama kalinya tahun ini pada hari Selasa. Yen terakhir berada di 150,53 per dolar.

"Jika mereka mencoba melakukan intervensi, saya pikir itu akan mendekati... nilai tertinggi (dolar/yen) dari Oktober 2022 dan nilai tertinggi yang kita lihat pada pertengahan November," kata Tony Sycamore, analis pasar di IG, mengacu pada upaya intervensi dari otoritas Jepang untuk menopang mata uang yen. Pejabat tinggi otoritas moneter Jepang pada hari Rabu memperingatkan terhadap apa yang mereka gambarkan sebagai pergerakan yen yang cepat dan spekulatif semalam.

Di tempat lain, saham-saham di Hong Kong membalikkan penurunan awal dan diperdagangkan lebih tinggi setelah kembali dari liburan Tahun Baru Imlek. Indeks Hang Seng naik 0,9 persen. Pasar keuangan Tiongkok Daratan tetap tutup selama seminggu.

Prospek bahwa suku bunga AS kemungkinan akan tetap tinggi lebih lama dari perkiraan awal mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun ke level tertinggi dalam dua bulan di 4,3320 persen pada hari Rabu.

Imbal hasil Treasury dua tahun, yang biasanya mencerminkan ekspektasi suku bunga jangka pendek, terakhir berada di 4,6286%, setelah mencapai level tertinggi dua bulan di 4,6730 persen di sesi sebelumnya.

Hal ini membantu Indeks Dolar AS menguat mendekati level tertinggi tiga bulan terhadap sejumlah mata uang di 104,76. Indeks dolar mencapai level terkuatnya sejak November pada hari Selasa.

"Lonjakan dolar AS yang berbasis luas memang mencerminkan lonjakan imbal hasil Treasury AS," kata Vishnu Varathan, kepala ekonom untuk Asia kecuali Jepang di Mizuho Bank.

Sterling stabil di USD1,26085, menjelang data inflasi Inggris dirilis pada hari Rabu. Pound melonjak sebentar di sesi sebelumnya karena data yang menunjukkan data lapangan kerja Inggris tumbuh pada laju terlemah dalam lebih dari satu tahun pada akhir tahun 2023.

Namun perlambatan tersebut mungkin tidak cukup signifikan untuk mendorong Bank of England mengambil tindakan lebih cepat menuju pemotongan suku bunga.

Sementara itu, harga minyak melemah, membalikkan sebagian kenaikan pada hari Selasa karena ketegangan geopolitik yang masih berlangsung di Timur Tengah dan Eropa Timur.

Minyak mentah AS sedikit lebih rendah menjadi USD77,86 per barel. Kontrak berjangka Brent turun delapan sen menjadi USD82,69. Emas stagnan pada level USD1.991,89 per ounce. (*)