EmitenNews.com - Akbar Indo Makmur (AIMS) bakal menggelar right issue maksimal 770 juta lembar. Pengeluaran saham baru itu dibalut dengan nilai nominal Rp50. Saat bersamaan, perseroan juga menerbitkan 77 juta waran seri II.

Setiap 1 Waran Seri II memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Pada setiap 10 saham hasil pelaksanaan HMETD itu, melekat 1 Waran Seri II diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang HMETD yang melaksanakan haknya. 

Dana hasil right issue untuk digunakan sebagai berikut. Sekitar 8 persen untuk mengakuisisi PT Super Potato Indonesia (SPI) melalui mekanisme pengambilalihan kepemilikan saham SPI sebanyak 2.475 saham dengan nominal Rp1 juta per lembar.
Lalu, sekitar 1,00 persen untuk mencaplok PT Raga Citra Mulia (RCM) melalui mekanisme pengambilalihan kepemilikan saham RCM 4.999 lembar dengan nominal Rp100 ribu per saham. Penerbitan saham baru RCM untuk entitas anak usaha yaitu Raga Sehat Sejahtera (RSS), dalam bentuk penyetoran modal, untuk keperluan belanja modal guna membangun fasilitas mini soccer baru. 

Sekitar 19 persen untuk mengakuisisi properti berupa 1 unit kantor strata title seluas 159,2 meter persegi (m2) di Jalan Iskandarsyah Raya No.1A, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, dan 1 unit kantor strata title seluas 141 m2 di Treasury Tower, District 8, Jalan Senopati, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk kegiatan operasional perseroan. 

Sekitar 72 persen untuk rencana ekspansi bisnis industry Entertainment & Lifestyle, baik dengan mengembangkan bisnis eksisting SPI dan RCM atau akuisisi entitas baru memiliki bidang bisnis sejalan bisnis perseroan. Saat ini, perseroan masih dalam tahap penjajakan atas beberapa alternatif untuk rencana ekspansi bisnis dipandang strategis, dan memastikan pelaksanaan rencana mengikuti peraturan & ketentuan berlaku.

Nah, untuk memuluskan rencana tersebut, perseroan akan menggeber Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa juga memerlukan persetujuan pemegang saham independen pada Senin, 29 April 2024, bertempat di The Tribrata Darmawangsa Jakarta - Chora 1-2 lantai 2 Jalan. Darmawangsa III No.2, RT.2/RW.1 Kode Pos 12160, Jakarta Selatan. (*)