EmitenNews.com - Medco Energi (MEDC) mengakuisisi seluruh saham yang diterbitkan ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) dari Phillips International Investment Inc. Phillips International Investment Inc. anak usaha Conoco Phillips (COP).


CIHL memegang 100 persen saham ConocoPhillips (Grissik) Ltd. (CPGL), dan 35 persen saham Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. (Transasia). CPGL Operator Corridor PSC dengan kepemilikan 54 persen working interest. Corridor PSC memiliki dua lapangan produksi minyak dan tujuh lapangan produksi gas berlokasi di onshore Sumatra Selatan, Indonesia. 


Mayoritas produksi gas dijual melalui kontrak jangka panjang kepada para mitra andal Indonesia, dan Singapura. Melalui Transasia, Medco Energi akan memiliki saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatra Tengah, Batam, dan Singapura.


Setelah transaksi, proforma pedoman Medco Energi 2022 segmen minyak dan gas adalah produksi 155 mboepd, belanja modal USD275 juta, dan biaya kas per unit di bawah USD10 per boe. Transaksi itu, melanjutkan rekam jejak perseroan dalam memberi nilai tambah melalui akuisisi, dan sesuai strategi perubahan iklim.


Akuisisi itu, makin memperkuat posisi Medco Energi di Asia Tenggara. Menghasilkan sinergi kuat dengan wilayah kerja di Sumatera. ”Kami siap menyambut seluruh pekerja berkualitas Corridor PSC bergabung dalam Medco Energi Group,” tutur Roberto Lorato, CEO Medco Energi, Rabu (8/12).


Transaksi itu, diharap tuntas pada kuartal pertama 2022, mengikuti persyaratan berlaku umum, dan persetujuan para pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) akan diadakan sesuai jadwal. Akuisisi Corridor itu, sesuai strategi perseroan memiliki, mengembangkan aset berkualitas tinggi, dan menghasilkan arus kas positif.


Akuisisi itu, akan memperkuat posisi Medco Energi sebagai perusahaan energi, dan sumber daya alam independen terkemuka Indonesia. Memperkuat komitmen perseroan dalam pembangunan nasional. ”Kami berkomitmen tetap menjaga standar keselamatan kerja tinggi, pelestarian lingkungan, dan tanggung jawab sosial,” tegas Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi. (*)