EmitenNews.com - PT Smartfren Telecom (FREN) tengah mematangkan kerja sama dengan Whale Cloud. Entitas besutan Alibaba Group itu, menyediakan solusi teknologi business support system, dan operation support system. Dengan aliansi itu, Whale Cloud akan menunjang strategi perseroan dalam mengembangkan layanan-layanan digital baru.


Selain itu, perseroan juga bekerja sama dengan Alibaba untuk membentuk usaha patungan yaitu PT Nuri Gaya Citra (NGC). ”Melalui usaha patungan itu, menghadirkan layanan yaitu SF Shop terintegrasi dengan aplikasi MySF yang memungkinkan pengguna layanan Smartfren berbelanja secara online,” tulis Antony Susilo, Direktur Smartfren, menjawab pertanyaan Bursa Efek Indonesia (BEI).


Sekadar informasi, sebelumnya Smartfren telah beberapa kali melakukan kerja sama operasional dengan Alibaba. Salah satunya, yakni dengan whale cloud system akhir tahun lalu. Selain itu, Smartfren juga mengebut kerja sama dengan Lazada. Perseroan ingin menciptakan produk sesuai selera pasar, komersial, dan bisa dijual dengan trajectory secara baik. 


Lazada sebelumnya disebut-sebut akan menjadi pemegang 6 persen saham Smartfren. Itu menyusul pelepasan saham perseroan oleh Dian Swastatika Sentosa (DSSA). Dengan harga pelaksanaan Rp77 per lembar, Dian Swastatika mengantongi dana taktis Rp1,5 triliun. ”Perusahaan menjual 6 persen saham Smartfren setara 19,6 miliar lembar,” tulis Susan Chandra, Corporate Secretary Dian Swastatika. (*)