EmitenNews.com - KB Financial Group (KBFG), salah satu holding grup terbesar institusi keuangan global asal Korea berambisi kuat menjadikan salah satu afiliasi subsidiarinya di Indonesia, KB Bukopin, untuk menjadi Good Bank. Good Bank yang didefinisikan oleh Raksasa Industri Keuangan tersebut merupakan kapabilitas yang mampu menghadirkan kinerja bisnis yang bertumbuh dibarengi dengan portofolio berkualitas.


KB Bukopin tengah fokus dalam menata kembali struktur portofolio yang dimiliki untuk mencapai aspirasi Good Bank tersebut. Upaya tersebut membuahkan hasil memuaskan dengan turunnya rasio LAR (Loan at Risk) secara drastis dari 65,4% pada Q3 2022 menjadi 52,8% di Q3 2022. 


Tidak cukup sampai di situ, KB Bukopin juga secara proaktif memberlakukan seleksi dan mitigasi risiko terhadap keberlangsungan operasional bisnisnya, sesuai dengan salah satu strategi holding. Yaitu penerapan manajemen risiko yang komprehensif. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya KB Bukopin untuk memasuki era baru menjadi Good Bank.


Hadir di Indonesia pada tahun 2018, KBFG secara perlahan namun pasti senantiasa memberi dukungan terbaik pada afiliasi subsidiarinya, KB Bukopin, melalui berbagai aspek. Yang terbaru, KBFG melalui KB Kookmin Bank berkomitmen dapat berpartisipasi dalam aksi korporasi yang tengah digelar KB Bukopin berupa Penawaran Umum Terbatas.


Secara historikal aksi korporasi sebelumnya, KBFG dan KB Kookmin Bank aktif berpartisipasi dalam memperkuat permodalan KB Bukopin pada 4 tahun terakhir dalam Penawaran Umum Terbatas.


Keberadaan KBFG dan KB Kookmin Bank merupakan support system terbaik saat ini yang dimiliki oleh KB Bukopin. Dengan pengalaman, kapabilitas, dan sumber daya KBFG, untuk mencapai era baru KB Bukopin yang ditargetkan, sangat mungkin untuk direalisasikan. ***