EmitenNews.com - Perusahaan lelang otomotif PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berencana melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) sebanyak 2.549 271.000 lembar. Calon emiten dari grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) ini akan penawaran sekitar Rp200-Rp276 per saham, data itu merujuk pada laporan dari laman e-ipo.co.id milik BEI yang dikutip Selasa (28/12).


Pada aksi korporasi ini, manajemen Autopedia Sukses Lestari menunjuk PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) sebagai penjamin pelaksana emisi Efek. Adapun periode penawaran awal (book building) pada 29 Desember 2021-5 Januari 2022. Autopedia Sukses Lestari masuk ke dalam sektor consumer cyclicals. Jumlah saham yang ditawarkan ke publik tersebut setara dengan 20 persen dari total saham yang dicatatkan.


Sebagai informasi, PT Adi Sarana Armada (ASSA) menginjeksi modal Autopedia Sukses Lestari (ASL) Rp225 miliar. Pinjaman lunak itu, untuk memperkuat digitalisasi jual beli kendaraan bekas. Caranya, mengembangkan aplikasi digital JBA Indonesia (Balai Lelang Otomotif), Caroline.id (Jual Beli Mobil dan Test Drive Gratis), dan Cartalog (Jual Beli Mobil dan Pricing Engine). 


”Seiring peningkatan tren transformasi digital, kami percaya pengembangan digitalisasi jual beli kendaraan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen melakukan pembelian mobil bekas secara online,” tutur Jany Candra Direktur Adi Sarana, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI) Minggu (7/11).


Autopediaa Sukses Lestari merupakan wadah dari berbagai bidang usaha yang berhubungan dengan otomotif, mulai dari lelang mobil dan sepeda motor, jual beli mobil online, jasa inspeksi dan penyedia data harga mobil dan sepeda motor.


Bahkan sebelumnya telah terjadi pembelian sistem dan merek milik PT Caroline Karya Teknologi (CKT) oleh PT Autopedia Sukses Lestari (Autopedia). Transaksi itu senilai Rp.1.242.692.362 (Rp1,24 miliar) dan memiliki sifat transaksi afiliasi.


Tak sampai disitu, Autopedia juga melakukan pembelian sistem milik ASI sebesar Rp.1.556.144.041 (Rp1,55 miliar). Dalam menjalankan usahanya, Autopedia membutuhkan Sistem. Dengan membeli Sistem dari ASI, maka Autopedia tidak perlu melakukan pengurusan terkait pembuatan sistem, karena sistem yang dimiliki oleh ASI sudah siap pakai sehingga Autopedia dapat langsung menjalankan kegiatan operasionalnya.


Saat ini, Autopedia Sukses Lestari bergerak dalam bidang balai lelang melalui entitas anak. Perusahaan ini merupakan bagian dari grup ASSA. Sedangkan, ASSA merupakan bagian dari Grup Triputra yang bergerak di sektor agribisnis, manufaktur, pertambangan dan jasa perdagangan.