EmitenNews.com - Anak usaha dari PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) yaitu PT Sinar Eka Selaras (ERAL) akan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) sebanyak - banyaknya 1.037.500.000 saham baru setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh pada nilai nominal Rp100 per lembar.

 

Dalam prospektus e-IPO yang diterbitkan Jumat (14/7) disebutkan bahwa pedagang Besar serta Perdagangan Eceran komputer dan perlengkapan elektronik serta pakaian tersebut  mulai melakukan penawaran awal atau book building pada hari ini 14 hingga 26 Juli 2023 dikisaran harga Rp370 - 410 per saham. Sehingga dana yang diincar dari IPO ini sekitar Rp425,375 miliar.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana efek PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia dan BNI Sekuritas.

 

Secara bersamaan ERAL mengadakan Program Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation atau “ESA”) sebesar-besarnya 3% dari jumlah Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham atau sebanyak-banyaknya 31.125.000 saham.

 

Setelah pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham, Perseroan juga akan memberikan sebanyak-banyaknya 52.398.989 saham atau sebesar 1% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana Saham untuk Program Opsi Pembelian Saham Kepada Manajemen dan Karyawan Perseroan (Management and Employee Stock Option Plan (“MESOP”).



Sekitar 37% dana IPO akan digunakan untuk pemberian pinjaman modal kerja kepada Entitas Anak yaitu PT Mitra Internasional Indonesia dan pengembangan gerai baru sekitar 50 gerai dan peremajaan sekitar 10 gerai.

 

Sekitar 13,75% akan digunakan untuk pemberian modal dalam bentuk penyetoran modal kepada Entitas Anak PT Era Gaya Indonesia.

 

Sedangkan sisanya sekitar 49,25% akan digunakan untuk modal kerja, guna mendukung kegiatan usaha utama dan operasional Perseroan, termasuk dan tidak terbatas pada pembiayaan pengadaan, penyaluran dan kelengkapan persediaan, serta beban operasional lainnya.

 

Sinar Eka Selaras merupakan anak usaha dari PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA). Saat ini, ERAA menguasai 99,999% saham Sinar Eka Selaras, dan 0,001% dipegang oleh Jemmy Hady Wijaya.