EmitenNews.com—PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP) mengumumkan pengunduran diri komisaris utama (komut) perseroan, yakni Andreyanto Toemali. Sekretaris Perusahaan Mega Manunggal Khrisna Daswara menjelaskan, pada 7 November 2022, MMLP telah menerima surat pengunduran diri Andreyanto Toemali selaku komisaris utama perseroan.


"Bersama ini kami memberitahukan bahwa PT Mega Manunggal Property Tbk telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Andreyanto Toemali selaku komisaris utama perseroan tertanggal 7 November 2022," terang Khrisna dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).


Atas pengunduran diri itu, Khrisna melanjutkan, perseroan bermaksud untuk menyelenggarakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu pada tanggal 15 Desember 2022.


Memang tidak dijelaskan secara terperinci alasan Andreyanto Toemali mengundurkan diri. Namun pengunduran diri itu terjadi di tengah-tengah rencana masuknya PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) menjadi pemegang saham Mega Manunggal. Provident Investasi Bersama adalah nama baru dari Provident Agro.


"Guna mendukung rencana perseroan untuk memperluas cakupan kegiatan usaha aktivitas perusahaan holding tersebut, perseroan telah membuat kesepakatan awal terkait rencana pembelian bersyarat atas saham PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP) sejumlah 100.000.000 saham atau mewakili 1,45% dari modal ditempatkan dan disetor penuh yang dimiliki oleh MMLP," jelas keterbukaan informasi PALM pada 19 Agustus 2022.


Direktur PALM Devin Antonio Ridwan sempat mengungkapkan bahwa perseroan telah melakukan penandatanganan conditional sales and purchase agreement terkait pembelian saham MMLP.


"Kita telah melakukan penandatanganan conditional sales purchase agreement . Tentunya salah satu kondisinya yaitu persetujuan dari RUPS ini. Di mana kalau RUPS ini sudah terjadi, saya rasa dalam waktu 1-2 bulan akan kami segera tutup atau close ," papar Devin pada akhir Agustus 2022.


Selain itu, PT Provident Capital Indonesia (PCI) telah menyelesaikan penawaran tender sukarela ( tender offer ) saham PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) pada 12 Oktober 2022. Dengan demikian, pengendalian yang sebelumnya dipegang secara bersama-sama oleh PCI dan Grup Saratoga melalui PT Saratoga Sentra Business (SSB). Sekarang menjadi dipegang PCI sebagai satu-satunya pengendali PALM.


Adapun pemegang saham 5% atau lebih dari MMLP per 31 Oktober 2022 adalah PT Mega Mandiri Properti 16,919%; UOB Kay Hian (Hongkong) Ltd 32,791%; dan West Bridge Development Limited 16,893%. Sedangkan, pemegang saham lainnya atau masyarakat sebesar 33,397%.


Pada perdagangan Selasa (8/11/2022), saham MMLP ditutup melemah 5,07% ke Rp 412. Dalam satu bulan terakhir PALM anjlok 10,43% dan tiga bulan belakangan sahamnya ambles 16,94%.