EmitenNews.com - Masyarakat ternyata antusias atas pengoperasian Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek. Karena itu, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempertimbangkan penambahan rangkaian LRT Jabodebek yang dioperasikan. Pasalnya, animo masyarakat menggunakan LRT Jabodebek ternyata tinggi.

 

"Alhamdulillah LRT Jabodebek hampir selalu ramai, dalam satu hari kita bisa angkut hingga 56.286 penumpang. Kami optimistis angka ini masih akan terus meningkat," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

 

Data yang ada menunjukkan, sejak dioperasikan pada Senin (28/8/2023), total penumpang yang dilayani oleh LRT Jabodebek hingga Jumat (8/9/2023) mencapai 471.847 orang. 

 

Jumlah rangkaian kereta memungkinkan untuk ditambah, setelah melihat meningkatnya capaian ketepatan waktu (on time performance/OTP).

 

Dalam 5 hari terakhir (5-9 September 2023) capaian OTP LRT Jabodebek sudah mencapai 81,0 persen dengan rata-rata keterlambatan hanya berkisar 1,9 menit.

 

Kendati demikian, operator diminta betul-betul memastikan kendala yang ada sudah sepenuhnya tertangani dengan baik, sebelum jumlah rangkaian kereta yang dioperasikan bertambah.

 

Dirjen KA Risal Wasal meminta agar segala kendala yang ada, dan sudah teridentifikasi agar ditangani dengan baik, sesuai standar, atau aturan yang telah ditetapkan. ***