EmitenNews.com - Ini dia penjual indomie instan berharta Rp121 triliun. Panggil saja namanya Anthoni Salim. Putra pendiri Salim Group, mendiang taipan Liem Sioe Liong, atau Sudono Salim ini, orang di balik besarnya perusahaan, dan industri mi instan Indofood, salah satu produsen mie instan Indomie terbesar di Tanah Air. Melansir dari Forbes, Jumat (11/2/2022), Anthoni Salim dan keluarga memiliki total kekayaan USD8,5 miliar atau Rp121,55 triliun (kurs Rp14.000).


Anthoni Salim anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Om Liem, taipan yang dekat dengan penguasa Orde Baru Presiden RI ke-2, Soeharto. Saat krisis tahun 1998, bersamaan dengan kejatuhan Pak Harto, sejumlah konglomerat mengalami kejatuhan. Termasuk keluarga Salim, yang kehilangan kendali mereka pada Bank Central Asia (BCA).


Kini, di tangan Anthoni Salim, Grup Salim, yang fokus pada bisnis dan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi, kembali bangkit. Keluarga Salim dilaporkan memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong, First Pacific, yang memiliki aset USD27 miliar di enam negara.


Dengan jumlah kekayaan sebanyak Rp121,55 triliun itu, Anthoni Salim dan keluarga kini berada di posisi ke-3 daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes. Di atasnya, Bos Djarum, R. Budi & Michael Hartono; dengan kekayaan USD42,6 miliar atau Rp612,8 triliun.


Sebagian besar kekayaan taipan ini, dari saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang dibeli dari Anthoni Salim pada 1997-1998 selama krisis ekonomi. Kekayaan keluarga Hartono juga berasal dari salah satu perusahaan elektronik ternama Indonesia, Polytron dan real estate.


Keluarga Widjaja menjadi orang terkaya kedua di Indonesia dengan kekayaan USD9,7 miliar atau setara Rp139,5 triliun. Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis mendiang taipan Eka Tjipta Widjaja. Bisnis terbesarnya di bawah Sinar Mas Group bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, kesehatan, agribisnis, dan telekomunikasi. Empat putra tertua Widjaja mengawasi kerajaan bisnis yang dibangunnya, sementara yang lain membangun bisnis sendiri.


Berikut daftar lengkap 10 orang terkaya di Indonesia R Budi dan Michael Hartono: USD46,6 miliar, Keluarga Widjaja: USD9,7 miliar, Anthoni Salim: USD8,5 miliar, Sri Prakash Lohia: USD6,2 miliar, Prajogo Pangestu: USD6,1 miliar, Chairul Tanjung: USD5,5 miliar. Kemudian, Susilo Wonowidjojo: USD4,8 miliar, Boenjamin Setiawan: USD4,2 miliar, Jogi Hendra Atmadja USD4,1 miliar, Bachtiar Karim USD3,5 miliar.


Yang juga penting dicatat, di antara daftar 50 orang terkaya di Indonesia, ada nama Ciliandra Fangiono, konglomerat paling muda di posisi 24. Ciliandra merupakan CEO First Resources, sebuah perusahaan kelapa sawit yang terdaftar di Singapura, dengan perkebunan di Indonesia. Bisnis tersebut telah dimulai ayahnya, Martias, sejak lebih dari dua dekade lalu.


Sebelum bergabung dengan bisnis keluarga, Ciliandra bekerja di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura. Ia adalah Sarjana ekonomi dan pernah dianugerahi penghargaan PriceWaterhouse Book saat di Cambridge University.


Yang juga menarik diketahui, dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia itu, ada 3 nama perempuan, yaitu Marina Budiman (USD1,5 miliar), Arini Subianto (USD975 juta), dan Kartini Muljadi dengan kekayaan USD685 juta. ***