EmitenNews - Pembangunan akses jalan tol ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka,telah mencapai 60 persen.


"Pembangunan akses jalan tol, yang menghubungkan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ke BIJB Kertajati itu akan membuat masyarakat yang menuju bandara terbesar di Jawa Barat, bisa semakin cepat," kata Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo melalui keterangan tertulis Rabu (17/3/2021).


Pembangunan jalan tol akses Bandara Kertajati dilaksanakan oleh Astra Tol Cipali yang bekerja sama dengan konsultan manajemen proyek Astra Infra Soulutions dan PT Acset Indonusa Tbk. Pembangunannya proyek ini dimulai pada September 2020.


"Saat ini, progres pekerjaan pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati tengah dilakukan pemasangan girder jembatan di KM 158," kata Agung.


Agung menambahkan, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan pemasangan girder jembatan di KM 158. Rekayasa lalu lintas itu berupa pembuatan detour untuk pengalihan arus yang dilaksanakan mulai tanggal 15 hingga 20 Maret 2021 pada pukul 07.00-15.00 WIB. Astra Tol Cipali juga memasang rambu peringatan dini di sekitar lokasi pekerjaan sepanjang 400 meter.


Manfaat pembangunan akses tol Bandara Kertajati ini diharapkan tidak hanya dinikmati oleh pengguna jalan bebas hambatan tersebut, tetapi juga membuka potensi ekonomi di wilayah Kertajati dan sekitarnya.(*)