EmitenNews.com  —  Menteri BUMN , Erick Thohir meyakini upaya transformasi yang selama ini dilakukan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan membuahkan hasil bagi perbaikan kinerja perseroan. Menurutnya, perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi ini bisa mencapai target transformasi tahun 2025 yaitu pertumbuhan market cap 2x dan ebitda 3x.

 

"Saya mengapresiasi kerja keras Waskita Karya, yang on track dalam upaya transformasinya, sambil terus mendorong peningkatan IRR (investment rate return) dan investasi strategis untuk memperkuat permodalan," ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Selasa (19/4).

 

Transformasi ini, lanjut Erick, adalah bagian dari transformasi menyeluruh BUMN karya. Erick juga menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur, serta peranan pemerintah dan swasta. Ditegaskan bahwa pembangunan infrastruktur adalah kunci untuk kemajuan ekonomi dan peningkatan daya saing dengan menekan biaya logistik kita yang saat ini masih 23 persen.

 

"Karenanya pemerintah hadir, dan sepanjang pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo, pemerintah telah membangun 1.900 km jalan tol yang menyambungkan baik Trans Jawa, Trans Sumatera dan beberapa di Kalimantan dan Sulawesi. Namun peranan swasta menjadi penting untuk mempercepat pembangunan, dan meningkatkan operasionalnya," tegas Erick.

 

Senada dengan itu, Direktur Utama WSKT, Destiawan menambahkan bahwa upaya penyehatan keuangan perusahaan sudah berjalan baik melalui 8 stream dengan dukungan 21 bank. Dukungan perbankan ini diantaranya melalui restrukturisasi utang induk yang telah tercapai 100 persen pada tahun 2021. Sementara utang anak-anak perusahaan, ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun 2022.

 

"Strategic partnership, seperti dengan Indonesia Investment Authority (INA), merupakan strategi yang dikembangkan Waskita untuk percepatan penyelesaian sejumlah ruas jalan tol, dan menguatkan modal kerja untuk proyek-proyek Waskita, sehingga membantu pencapaian pertumbuhan yang baik dengan tren positif," tutur Destiawan.