Contoh nilai finansial:

  • Jalani hidup bebas hutang.
  • Hemat 20% dari penghasilan.
  • Memiliki 30% pendapatan lebih banyak dari pengeluaran.
  • Donasikan 10% kepada masyarakat atau tempat ibadah.
  • Pensiun pada usia 55 tahun.

Kawan EmiteNews dapat menetapkan prioratas finansial setelah mengetahui jelas apa nilai finansial yang diyakini. Pada dasarnya, prioritas keuangan Kawan EmiteNews merupakan tujuan keuangan.

Contoh prioritas keuangan:

  • Lunasi semua hutang dalam 3 tahun (kartu kredit, pinjaman pelajar, pinjaman mobil, dan lain-lain)
  • Setelah semua hutang dilunasi, mulailah menabung 20% ??dari pendapatan di tahun keempat.
  • Mulailah menyumbangkan 10% dari pendapatan ke tempat ibadah/yayasan.
  • Dapatkan penghasilan 20% lebih banyak dengan memulai pekerjaan sampingan

  1. Buat daftar kebiasaan belanja

Dengan bujet minimalis, buat daftar semua hal yang Kawan EmiteNews belanjakan. Semakin rinci membuat daftarnya, semakin baik. Setelah Kawan EmiteNews menuliskan daftar pengeluaran, evaluasi setiap item. Tanyakan pada diri sendiriapakah itu sesuai dengan nilai dan prioritas keuangan danapakah setiap item adalah sesuatu yang berarti bagi hidup Kawan EmiteNews?

Ingatlah bahwa butuh waktu untuk menghasilkan uang, jadi setiap pembelian yang Kawan EmiteNews lakukan harus sepadan dengan waktu yang habiskan untuk menghasilkan uang.


  1. Sederhanakan penggunaan rekening

Sederhanakan penggunaan rekening Kawan EmiteNews menjadi dua, yaitu satu rekening giro utama dan satu rekening tabungan utama. Rekening giro digunakan untuk semua pengeluaran rutin seperti biaya hidup, bayar cicilan rumah, dan hiburan. Sementara rekening tabungan digunakan untuk dana darurat. Semakin mudah Kawan EmiteNews mengatur keuangan dengan anggaran ini, semakin baik.

 

  1. Jadwalkan pertemuan keuangan untuk meninjau kemajuan Kawan EmiteNews

Tinjau, evaluasi, dan revisi anggaran Kawan EmiteNews secara terus-menerus agar rencana tetap berfungsi dan atur pertemuan keuangan bulanan dengan diri sendiri. Pertemuan ini akan memberi Kawan EmiteNews kesempatan untuk menerapkan dan mengubah anggaran sesuai kebutuhan.

Apapun yang Kawan EmiteNews putuskan untuk pengeluaran, ingatlah bahwa membuatnya tetap sederhana adalah kunci untuk menerapkan anggaran minimalis.


  1. Merasa nyaman dengan perasaan seperti orang aneh

Orang mungkin mengira Kawan EmiteNews benar-benar orang aneh karena hidup minimalis. Terbiasalah! Itu hal yang bagus. Artinya Kawan EmiteNews memilihhidup untuk memiliki rencana dan merancang kehidupan yang Kawan EmiteNews sukai. Banyak orang tidak melakukan ini. Dan jika orang-orang itu menilai Kawan EmiteNews, itu hanya karena mereka tidak memahami prinsip minimalis.

Apapun yang Kawan EmiteNews putuskan untuk pengeluaran, ingatlah bahwa membuatnya tetap sederhana adalah kunci untuk menerapkan anggaran minimalis.(LW)