EmitenNews.com - Kabar baik bagi pemanfaatan aspal Buton. Pimpinan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) seluruh Indonesia dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk membahas pemanfaatan aspal Buton secara nasional. Ini sejalan dengan target Presiden Joko Widodo untuk memasalkan penggunaan aspal Buton secara nasional. 

 

Dalam keterangannya Rabu (26/4/2023), Ketua Umum Kadin Daerah Sultra Anton Timbang mengatakan, kepada para pengusaha dari seluruh Indonesia itu, pihaknya akan menjelaskan tentang potensi kekayaan dan kualitas Aspal Buton untuk bisa dikelola secara nasional.

 

Untuk rencana besarnya itu, Anton Timbang mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Ali Mazi agar rencana tersbeut bisa diimplementasikan dengan baik. Dengan demikian, kata dia, target Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan aspal Buton digunakan secara nasional pada 2024 bisa terwujud.

 

Dengan semangat itu Kadin berharap peran aktif pemerintah provinsi serta kabupaten/kota se-Sultra untuk menjadi contoh. Mereka harus mulai menggunakan aspal Buton untuk pelaksanaan pembangunan jalan-jalan provinsi maupun ruas-ruas jalan di kabupaten dan kota.

 

Ketua Komisi III DPRD Sultra Suwandi Andi, mendukung 100% langkah strategis dan terobosan ketua umum Kadin Sultra Anton Timbang untuk pemanfaatan potensi tambang aspal Buton itu. Ia juga berharap seluruh pemerintah daerah pada 17 kabupaten/kota di Sultra, untuk mendukung penuh rencana pertemuan seluruh ketua Kadin di Sultra. Harapannya, pemanfaatan sumber daya alam Aspal Buton secara nasional segera terwujud demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

 

Kabupaten Buton merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam aspal terbanyak yakni mencapai 662 juta ton. Itu dapat dimanfaatkan untuk pembangunan selama ratusan tahun ke depan. Selama ini kendala yang dihadapi dalam pengelolaan aspal Buton secara Nasional adalah tidak adanya regulasi yang mengatur tetnang penggunaannya.

 

Angin segar berhembus saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Pasarwajo Kabupaten Buton akhir September 2022. Saat itu Presiden memberi lampu hijau untuk menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) penggunaan aspal Buton dalam pembangunan infrastruktur jalan di Tanah Air mulai 2024. ***