EmitenNews.com—PT VKTR Teknologi Mobilitas ( VKTR ), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), kian serius mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Setelah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, kini VKTR semakin mempertajam posisinya untuk juga bermain di industri sepeda motor listrik dengan menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS/SLIS), induk usaha PT Juara Bike, produsen kendaraan listrik dengan merek Selis.

 

Dirut VKTR Gilarsi W. Setijono mengatakan, masuknya VKTR di industri sepeda motor listrik ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah mewujudkan program netralitas karbon (net zero emission/NZE) 2060. Sebab, pengguna sepeda motor di Indonesia sangat besar, sehingga sangat signifikan untuk mengurangi dampak buruk emisi gas.

 

"Tahun 2021, di Jawa saja, ada 89.660.579 unit sepeda motor dari total Indonesia sebanyak 119.536.624 unit. Tak heran jika motor menyedot 69c/o dari total ketersediaan bensin nasional. Jadi, kami sangat mendukung program pemerintah untuk mendorong masyarakat beralih ke sepeda motor listrik," kata dia di sela penandatanganan nota kesepahaman ( memorandum of understanding /MoU) antara kedua pihak di Jakarta, Jumat (23/12/2022).

 

MoU ini ditandatangani Gilarsi W. Setijono dan Dirut GAS Edi Hanafiah Kwanto beserta dengan Komisaris Utama GAS Tjoa King Hoa. Penandatanganan ini, tambah Gilarsi, merupakan bagian dari workshop yang melibatkan kedua pihak. Dalam workshop tersebut, dibahas secara rinci terkait konsep sepeda motor listrik yang akan diproduksi oleh VKTR bersama GAS, kualitas, beta testing , dan percepatan produksi dengan target pemenuhan tingkat komponen dalam negeri ( TKDN ), sesuai yang ditetapkan pemerintah.

 

Gilarsi mengatakan, pihaknya optimistis, penandatanganan MoU ini dan sumber daya yang dimiliki masing-masing, akan mampu mendobrak pasar dan menghasilkan produk sepeda motor listrik yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

" VKTR dan GAS merupakan pemanufaktur kendaraan listrik. GAS memiliki spesifikasi keandalan dalam memproduksi sepeda motor listrik, Saya yakin, kerja sama ini akan menjadi besar di masa depan, mampu menghadirkan produk yang andal untuk mendukung mobilitas tinggi masyarakat, terutama konsumen urban atau perkotaan. Ke depan, dengan adanya dukungan pemerintah terhadap industri kendaraan listrik, pasar sepeda motor listrik di Indonesia pasti tumbuh pesat," kata dia.

 

Gilarsi memerinci, rancang bangun produk sepeda motor listrik ini akan dikerjakan bersama dengan institusi pendidikan tinggi, yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ( PENS ). Adapun kegiatan manufaktur akan menggunakan fasilitas produksi GAS.

 

"Dengan demikian, saya optimistis TKDN produk ini di tahap awal berkisar 45-50c/o dan seiring berjalannya waktu akan terus ditingkatkan hingga 90%. Hal ini telah dibuktikan dengan TKDN yang telah dicapai oleh PT Juara Bike, anak usaha GAS di motor listrik tipe EMAX dengan TKDN mencapai 53,69%," jelas dia.

 

Gilarsi menjelaskan, VKTR bersama GAS akan memproduksi empat tipe sepeda motor listrik, yakni V, K, T dan R. "Persiapan kami sudah matang, termasuk R&D, produksi, pemasaran, dan layanan purnajual. Kami pastikan, pertengahan 2023 akan lahir satu produk sepeda motor listrik, bukan sekadar moda transportasi ramah lingkungan roda dua, melainkan lifestyle mobility solution yang akan mengubah definisi kenyamanan dalam berkendara dengan performa terbaik di kelasnya," kata Gilarsi.