EmitenNews.com - Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (AP II) meraih tiga pencapaian positif pada Skytrax World Airport Awards 2023. Salah satunya adalah kenaikan 8 tingkat ke peringkat ke-43 di daftar 100 bandara terbaik dunia (World’s Top 100 Airports 2023).


Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan kenaikan peringkat Bandara Soekarno-Hatta di dalam daftar World’s Top 100 Airports 2023 merupakan hasil dari konsolidasi dan kolaborasi di antara stakeholder bandara.


“Kenaikan peringkat Bandara Soetta di jajaran 100 bandara terbaik dunia ini diraih di tengah periode pemulihan lalu lintas penerbangan yang tengah tertekan pandemi COVID-19," paparnya.


Hasil ini sekaligus merefleksikan keberhasilan Bandara Soetta dalam mengelola peningkatan penerbangan, memenuhi permintaan yang tumbuh, dengan tetap memperhatikan kenyamanan traveler.


Pencapaian kedua Bandara Soekarno-Hatta dalam Skytrax World Airport Awards 2023 adalah menembus peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airports 2023).


Awaluddin menuturkan penghargaan sebagai bandara terbersih di Asia ini berhasil diraih sejalan dengan program transformasi yang dijalankan AP II di Bandara Soekarno-Hatta.


“Sejak Kuartal IV/2022, AP II menjalankan transformasi di Bandara Soetta untuk menjadikan bandara ini sebagai referensi bagi bandara-bandara di Indonesia dalam operasional dan memberikan pelayanan bagi masyarakat,” katanya.


Salah satu yang diterapkan dalam program transformasi ini adalah meningkatkan customer experience melalui penyempurnaan interior, tampilan dan nuansa di terminal penumpang yang salah satunya mencakup kebersihan.


Sementara itu, pencapaian ketiga Bandara Soekarno-Hatta adalah berada di peringkat ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia kategori 40-50 juta penumpang (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers).(*)