EmitenNews.com - Entitas usaha Sarana Menara (TOWR) mendapat fasilitas kredit Rp3 triliun. Dana taktis dari Bank Mandiri (BMRI) itu, untuk mendukung kebutuhan umum PT Profesional Telekomunikasi (Protelindo), dan PT Iforte Solusi Infotek (Iforte).


Pinjaman sebesar itu, terdiri dari fasilitas A senilai Rp2,5 triliun hanya untuk Protelindo, dan fasilitas B sejumlah Rp500 miliar hanya untuk Iforte. Pinjaman tersebut berjangka 36 bulan. Transaksi perjanjian telah diteken pada 25 Mei 2022.


Teken kesepakatan itu, melibatkan Protelindo, Iforte, Solusi Tunas Pratama (STP), dan Bank Mandiri. Berdasar perjanjian, STP bertindak sebagai pemberi jaminan atas fasilitas yang diterima Protelindo, dan Iforte. Berdasar perjanjian itu, STP akan menjamin kewajiban Protelindo, dan Iforte sehubungan dengan perjanjian kredit, dan penanggungan. 


Struktur pinjaman dengan konsep pemberian pertanggungan oleh STP memungkinkan Protelindo, dan Iforte memperoleh pembiayaan dengan syarat, dan kondisi yang lebih baik. ”Pinjaman itu, diharap mengerek kegiatan usaha Protelindo dan Iforte yang akan berdampak positif pada perseroan,” tutur Adam Gifari, Wakil Direktur Utama Sarana Menara. 


Transaksi itu, tidak berdampak material terhadap kegiatan operasional, hukum kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan sebagai perusahaan terbuka, dan milik publik. (*)