EmitenNews.com - PT Berlina (BRNA) akan menggelar right issue 244.777.500 lembar alias 244,77 juta saham bernominal Rp50 per lembar. Nah, untuk memuluskan hajatan itu, perseroan akan meminta restu investor dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Selain itu, aksi berskema penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) juga akan dipentaskan setelah mendapat pernyataan efektif Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Berdasar rencana, dana hasil right issue untuk melunasi pinjaman, belanja modal, dan modal kerja. Pinjaman bank jatuh tempo dalam satu tahun berdasar laporan keuangan kuartal III-2020 tercatat Rp207,74 miliar. 


Perseroan menilai rencana right issue akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi dan anak usaha. Jelasnya, akan memperbaiki struktur permodalan dengan adanya penurunan pinjaman. 


Meningkatkan aset tetap dengan belanja modal, dan menambah kas untuk keperluan modal kerja. Namun, bagi pemegang saham tidak melaksanakan HMETD akan terdilusi porsi kepemilikan saham sebanyak 20 persen. (*)