EmitenNews.com - Kalbe Farma (KLBF) menginvestasikan dana USD10 juta di Progen Co., Ltd. Transaksi itu dilatari keinginan perseroan untuk memperkuat kolaborasi, dan aliansi bidang R&D. Itu penting untuk menguatkan portofolio produk pada segmen obat biologis di masa mendatang.


Nilai akuisisi USD10 juta itu ditentukan berdasar nilai investasi. Itu terdiri dari investasi saham Progen USD3 juta, dan Convertible Bonds (CB) sejumlah USD7 juta. Jadi, penentuan berdasar nilai saham, dan CB sesuai transaksi harga wajar.


Pendeknya, penentuan nilai investasi dilakukan dengan Progen sebagai pihak ketiga berdasar harga wajar. ”Sumber dana akuisisi dari kas internal, dan dana pinjaman,” tulis Lukito Kurniawan Gozali, Corporate Secretary Kalbe Farma, menjawab pertanyaan Bursa Efek Indonesia. 


Selaras dengan strategi pertumbuhan di masa mendatang, perseroan berusaha mengembangan kompetensi R&D, dan portofolio obat resep berbasis biotech dengan berinvestasi pada Progen sebagai perusahaan R&D regional. Progen melakukan riset, dan pengembangan untuk obat-obatan biologis antara lain untuk terapi kanker.


Nah, kontribusi pendapatan, dan laba akan direalisasikan di masa mendatang setelah mendapat persetujuan regulator, dan komersialisasi. ”Transaksi bukan afiliasi, dan tidak mauk transaksi material sebagaimana diatur POJK 17/2022,” imbuhnya. (*)