EmitenNews.com - Asuransi Bina Dana Arta (ABDA) belum mempunyai Chief Executive Officer (CEO) alias Direktur Utama definitif. Sejak 6 April 2023, pengendali baru Oona Group secara aktif menjaring kandidat CEO baru. Tentu pencarian talent itu, berlatar, dan mempunyai kualifikasi dengan kompetensi sesuai kebutuhan perseroan. 

Hasilnya, melalui penelusuran ekstra, perseroan menunjuk Vincent C Soegianto sebagai CEO anyar. Perseroan mengajukan permohonan Fit and proper test Vincent kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 27 Desember 2023. Sebelum efektif, Vincent harus melalui proses fit and proper test pengadil jasa keuangan, dan pasar modal indonesia. ”Kami patuh dan mengikuti prosedur dan ketentuan fit and proper test OJK,” tulis Liani Chandra, Director Asuransi Bina Dana Arta. 

Perusahaan memahami hasil fit and proper test Vincent tergantung hasil analisa OJK atas kelengkapan dokumen, dan wawancara dengan kandidat. Perusahaan akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menyetujui pengangkatan Vincent Soegianto sebagai CEO setelah OJK menerbitkan hasil fit and proper test. 

Kala Vincent C. Soegianto menjalani fit and proper test sebagai CEO baru, ketiga direktur perusahaan telah secara bersama-sama, menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai direksi perusahaan termasuk dalam pengambilan keputusan, dengan pengawasan, dan arahan dari dewan komisaris perusahaan. Perusahaan akan terus memastikan kegiatan usaha berjalan sesuai prinsip Good Corporate Governance (GCG). 

Tiga direktur perusahaan saat ini secara kolektif mengawal kegiatan usaha perusahaan termasuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan berlaku. Selain itu, dewan komisaris perusahaan juga terus berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan memberi arahan kepada direksi perusahaan untuk mencapai praktik GGC sesuai aturan. 

Kekosongan posisi CEO tidak berdampak negatif terhadap kelangsungan bisnis karena tiga direktur perusahaan melakukan pengurusan dengan pengawasan aktif dari dewan komisaris perusahaan. Selain itu, perusahaan tidak menghadapi kendala signifikan dalam proses penunjukan kandidat CEO baru. Oona Group, berusaha memastikan CEO baru berlatar, berpengalaman, dan punya kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan.

Oona Group sebagai pengendali baru berusaha memastikan perusahaan terus berkembang ke arah lebih baik. Itu penting untuk mencapai visi perusahaan untuk 'Menjadi perusahaan asuransi yang paling berorientasi pada konsumen, dan transformasional se-Asia Tenggara'. (*)