EmitenNews.com - Jasa Marga (JSMR) membentuk usaha patungan senilai Rp13,75 miliar. Usaha patungan tersebut diberi nama PT Jasamarga Akses Patimban (JAP). Sejumlah perusahaan terlibat dalam perusahaan baru tersebut.


Selain Jasa Marga, perusahaan lain ikut ambil bagian yaitu Nusa Raya Cipta (NRC), Adhi Karya (ADHI), PT PP (PTPP), Wijaya Karya (WIKA), dan PT Subang Sejahtera. Seluruh perusahaan itu, melakukan penyertaan saham pada perusahaan berlabel JAP tersebut. 


Jasa Marga melakukan Penyertaan modal Rp13,75 miliar atau 13.750 lembar. Itu setara dengan 55 persen dari jumlah modal ditempatkan, dan disetor dalam Jasamarga Akses Patimban. Transaksi tersebut dilakukan dengan tujuan sebagai berikut. 


Yaitu mendirikan suatu badan usaha bergerak dalam bidang jasa atau industri jalan tol akses Patimban. Meliputi pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan jalan tol, dan usaha-usaha lain sesuai ketentuan-ketentuan dan peraturan perundang-undangan berlaku. 


Data dan fakta tersebut tidak berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten sebagai perusahaan terbuka. ”Pembentukan usaha patungan itu akan meningkatkan pangsa pasar dalam pengembangan, dan pengoperasian jalan tol di Indonesia,” tulis Nixon Sitorus, Corporate Secretary Jasa Marga. (*)