EmitenNews.com - Ini berkah bagi keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kalimantan Utara siap menyuplai dan memenuhi empat komoditas andalan hasil kelautan dan perikanan yakni kepiting, udang windu, ikan bandeng, dan rumput laut kebutuhan pangan di IKN Nusantara.

 

"Selain untuk ekspor, Kalimantan Utara tentu sangat siap untuk suplai pangan dari hasil kelautan dan perikanan yang kita miliki untuk IKN Nusantara," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Utara, Rukhi Syayahdin di Tanjung Selor, Senin (6/2/2023).

 

Bahkan selain IKN, Kalimantan Utara siap memenuhi kebutuhan konsumsi hasil kelautan dan perikanan secara domestik ke 2,7 juta orang yang direncanakan akan bekerja di Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning di Kabupaten Bulungan.

 

Kalimantan Utara memiliki garis pantai kurang lebih 3.500 km serta kewenangan pengelolaan sampai 12 mil laut atau setara kurang lebih 776 ribu hektare. Kaltara juga memiliki 196 pulau-pulau kecil yang sangat potensi untuk tambak.

 

Potensi udang windu Kalimantan Utara masih cukup besar dan sangat diminati Asia Timur dan Timur Tengah. Udang windu Kalimantan Utara dibudidaya secara organik dan tradisional. ***