EmitenNews.com -Di tengah kondisi ketidakpastian global, PT Mandiri Sekuritas (CC) tetap fokus dalam pengembangan usaha di bidang investment banking dan capital markets.

 

Mandiri Sekuritas telah berhasil menyelesaikan banyak transaksi, baik capital markets maupun advisory di tahun 2022, termasuk IPO, rights issue, secondary placement, obligasi Rupiah dan USD, liability management, M&A advisory, serta restructuring. 

 

Selain pertumbuhan bisnisnya di Indonesia, kinerja kuat Mandiri Sekuritas juga didukung oleh jangkauan regional Asia dari perusahaan anak, Mandiri Securities Singapore yang berhasil bersaing di pasar Obligasi Global melalui global bond dan liability management.

Berkat capaian kinerja tersebut, Mandiri Sekuritas kembali meraih penghargaan sebagai “Best Investment Bank in Indonesia”, “Best DCM House in Indonesia”, dan “Best ECM House in Indonesia” dari FinanceAsia Awards 2023. Dengan kembali diraihnya penghargaan ini, Mandiri Sekuritas telah diakui sebagai Investment Bank terbaik di Indonesia oleh FinanceAsia selama 13 tahun berturut-turut. 

 

Dalam ulasannya, FinanceAsia mengemukakan bahwa meskipun tahun 2023 masih cukup menantang untuk industri pasar modal dan pemulihan ekonomi belum menyeluruh, apresiasi perlu diberikan untuk lembaga keuangan yang telah berhasil melewati ketidakpastian dan gelombang volatilitas dengan baik, serta senantiasa memberikan kinerja bisnis yang sehat dan berkelanjutan. 

 

Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Oki Ramadhana, mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya terhadap Mandiri Sekuritas, sehingga membuat kami lebih optimis dalam mengembangkan bisnis di tengah situasi pasar yang dinamis. Penghargaan dari FinanceAsia ini merupakan bukti komitmen dan dedikasi Mandiri Sekuritas untuk terus memberikan berbagai solusi pasar modal yang komprehensif dalam mendukung pertumbuhan nasabah-nasabah kami baik korporasi, institusi maupun individu.” 

 

Ketiga penghargaan ini berhasil diraih setelah Mandiri Sekuritas mampu mempertahankan pertumbuhan bisnisnya yang kuat di tahun 2022 lalu. Pendapatan usaha Perusahaan meningkat 32% per 31 Desember 2022 yang didukung oleh seluruh lini bisnis dan merupakan konsolidasi antara Mandiri Sekuritas dengan perusahaan anaknya; Mandiri Securities Pte. Ltd. (Mandiri Securities Singapore) dan Mandiri Manajemen Investasi. Selain itu, di tahun 2022 lalu Mandiri Sekuritas juga berhasil mempertahankan dominasinya dalam penjaminan emisi obligasi, baik IDR maupun USD, dan ekuitas, dan saat ini masih berada di posisi teratas dalam league table untuk equity underwriting di Indonesia, berdasarkan Bloomberg per 31 Mei 2023. 

 

Pada tahun 2022, Mandiri Sekuritas berhasil menyelesaikan transaksi pasar modal terbesar di Indonesia, yaitu IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) senilai Rp13,7 triliun yang merupakan IPO terbesar di Indonesia sampai saat ini. Selain itu, kami juga berhasil menyelesaikan restrukturisasi PT Garuda Indonesia yang merupakan transaksi restrukturisasi terbesar di Indonesia. Pada awal tahun 2023 ini, Mandiri Sekuritas berhasil menyelesaikan IPO PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO) senilai Rp9 triliun dan IPO PT Trimegah Bangun Persada (NCKL) senilai hampir Rp10 triliun. Di sisi retail, kami juga terus meluncurkan layanan-layanan digital 2 baru melalui trading platform MOST untuk mendorong pertumbuhan nasabah individu,” Oki menjelaskan. 

 

Mandiri Securities Singapore berhasil menyelesaikan 10 transaksi liability management dan 5 Obligasi Global, antara lain penerbitan obligasi PT Freeport Indonesia yang memberikan dana segar sebesar US$3 miliar.