EmitenNews.com - Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, akan dibangun sejalan dengan konsep kota hutan atau forest city. Daerah yang masuk dalam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu, akan ditanami lebih banyak pohon penghijauan.

 

"Kami akan menanam pohon lebih banyak agar rumah jabatan menteri ini hijau dan meminimalisir penebangan seperti konsep pembangunan IKN yakni forest city," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Iwan Suprijanto di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

 

Iwan Suprijanto sempat ikut mendampingi dan memberikan penjelasan secara langsung kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang meninjau sejumlah infrastruktur di IKN, Kalimantan Timur, termasuk RTJM.

 

Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR akan membangun sebanyak 36 rumah jabatan menteri, di lokasi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Tepatnya di kawasan Persil 104 sebanyak 24 unit dan Persil 105 sebanyak 12 unit lengkap dengan prasarana, sarana dan utilitasnya. Proses pembangunan dimulai sejak 7 Desember 2022 dan diharapkan selesai Juni 2024.

 

Rencananya, RTJM menggunakan dua tipologi rumah yakni tipe upslope digunakan pada kondisi elevasi area belakang rumah lebih tinggi dari jalan. Lalu, tipe downslope yang digunakan pada kondisi elevasi area belakang rumah lebih rendah dari jalan.

 

Iwan menjelaskan, saat ini sudah ada 32 unit rumah yang konstruksinya sedang dibangun dan sisanya sebanyak 4 unit segera dibangun. Ada dua tipe rumah jabatan menteri yakni downslope sebanyak 11 unit dan upslope 25 unit dan kami harap semua proses konstruksi bisa selesai tepat waktu. ***