EmitenNews.com - Supra Boga Lestari (RANC) tahun ini bakal menutup dua gerai. Gerai-gerai tersebut tersebar di Jabodetabek, dan Jawa Timur (Jatim). Sebelumnya, perseroan telah menyetop operasional satu gerai di Kota Malang, Jatim.


Penutupan gerai di Kota Malang tersebut karena kontra produktif. Membebani kinerja perseroan. ”Penutupan gerai di Kota Malang karena berkontribusi negatif, dan tidak memiliki prospek untuk berkembang,” tulis Hady Purnama, Direktur Supra Boga Lestari. 


Selain mematikan dua gerai, perseroan juga bakal membuka dua gerai tahun ini. Dua gerai akan dibangun di Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). ”Sumber pendanaan pembukaan dua gerai itu dari kas internal, dan pinjaman modal kerja dari perbankan kalau diperlukan,” imbuh Hady. 


Pembukaan gerai anyar itu, diharap memberi kontribusi positif dalam mendongkrak kinerja sepanjang 2023. Dengan begitu, dapat mengonpensasi sebagian kerugian operasional dari gerai yang masih berkontribusi negatif. Selanjutnya, perusahaan fokus melakukan perbaikan layanan, dan produk kepada pelanggan pada gerai-gerai yang telah beroperasi.


Antara lain dengan mendongkrak kualitas produk, kelengkapan ketersediaan produk, kenyamanan gerai, dan perbaikan pada peralatan pendukung dalam menunjang operasional gerai. ”Seluruh tindakan itu, diharap meningkatkan kepuasan pelanggan, dan berakibat pada capaian target penjualan setiap gerai,” tegas Hady. 


Medio 2022, perseroan mengoperasikan 70 toko. Itu terdiri dari 18 gerai Ranch Market, 2 gerai The Gourmet by Ranch Market, 1 gerai Pasarina by Ranch Market, 35 gerai Farmers Market, 3 gerai Day2Day by Farmers Market, dan 11 gerai Farmers Family by Farmers Market. Puluhan toko tersebut menyebar di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Ambon. (*)