EmitenNews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Bank Tabungan Negara (BBTN) menggelar grand launching event Jakarta International Marathon (Jakim) 2024. Itu sebagai bentuk sosialisasi pelaksanaan Jakim 2024 kepada pencinta olahraga. 

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Jakim 2024 digelar untuk memeriahkan Perayaan HUT DKI Jakarta ke-497. Event berskala internasional itu, bakal dilaksanakan pada 23 Juni 2024. “Kami sangat senang bisa kembali menghadirkan event berskala internasional di Jakarta yang kita cintai bersama. Setelah tahun lalu penyelenggaraan BTN Jakarta Run sukses digelar, kami optimistis penyelenggaraan BTN Jakim 2024 akan lebih sukses, dan mendapat minat besar dari masyarakat,” tutur Heru pada Grand Launching Jakim 2024 di Jakarta, Minggu (10/3). 

Menurut Heru, perhelatan BTN Jakim 2024 juga untuk terus meningkatkan Kota Jakarta sebagai kota sport tourism. Diharapkan dengan kegiatan itu, akan berdampak tidak hanya bagi perekonomian Jakarta tetapi juga Indonesia. Heru menegaskan, untuk menyukseskan perhelatan BTN Jakim 2024, pihaknya telah mengadakan studi banding ke beberapa negara telah sukses menggelar kegiatan marathon bertaraf internasional seperti Tokyo Marathon. 

Nah, agar BTN Jakim 2024 diminati para pelari dalam dan luar negeri, Heru berjanji akan mensterilkan rute-rute jalan yang dilalui peserta BTN Jakim 2024. “Kami berharap pelaksanaan BTN Jakim 2024 bisa sekelas dengan kegiatan marathon telah dilaksanakan kota-kota besar lain manca negara seperti Tokyo Marathon,” paparnya. 

Sementara Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu sangat berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta kembali menggandeng perseroan ikut menyukseskan perhelatan ajang bergengsi BTN Jakim 2024. Ajang bertaraf internasional itu, juga menjadi sosialisasi bagi BTN yang baru saja melakukan rebranding logo perusahaan. “Kami baru saja melaunching logo baru BTN, jadi ajang ini sangat membantu untuk mempromosikan logo baru. Kami sangat mendukung DKI Jakarta menjadi Sport Tourism City seperti kota-kota besar lain dunia. Kami berharap citra positif DKI Jakarta makin meningkat,” harapnya. 

Nixon optimistis, BTN Jakim 2024 akan banyak diminati pelari dari dalam, dan luar negeri. Oleh karena itu, pihaknya menarget jumlah peserta bisa mencapai sekitar 15 ribu pelari. ”Minat masyarakat dalam berolahraga lari sangat tinggi. Itu dibuktikan dengan membeludaknya pendaftaran pada beberapa event kami selenggarakan seperti BTN Run atau BTN Jakarta Run tahun lalu,” tegas Nixon. 

BTN Jakim 2024 menurut rencana dipusatkan di sekitar area silang Barat Laut Monas, dan finish di Stadion Utama GBK pada 23 Juni 2024. Kategori dilombakan Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K), dan 10K. Sedang hadiah total disiapkan dalam ajang itu, sekitar Rp3 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pendaftaran bagi masyarakat berminat mengikuti ajang itu, telah dibuka sejak 10 Maret 2024. Sementara bagi pendaftar merupakan nasabah BTN akan mendapat diskon menarik. BTN Jakim 2024 menawarkan pengalaman lari menantang sekaligus memukau dengan rute melintasi pemandangan indah Jakarta. 

"BTN Jakim 2024 hadir dengan rute baru. Mulai dari monas hingga finish di stadion utama Gelora Bung Karno. Tentu akan menjadikan sebuah pengalaman baru bagi para pelari marathon untuk finish dalam stadion. Dan rute marathon day yang diusung Pemprov DKI Jakarta diharap steril dari kendaraan sepeda maupun pejalan kaki,” harap Satrio Guardian, Race Director BTN Jakim 2024. (*)