EmitenNews.com—PT Jababeka Tbk (KIJA) bakal resmikan Medical City pada awal Maret 2023. Rencananya, peresmiaan tersebut akan dilakukan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin. Medical City tersebut merupakan kawasan industri kesehatan dengan infrastruktur standar WHO untuk menampung wisatawan asing berobat.

 

Vice President Corporate Marketing PT Jababeka Tbk (KIJA) Eric Liman Santoso mengatakan, peletakan batu pertama Jababeka Medical City dilakukan pada 29 Oktober 2008 oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia oleh Dr.dr Siti Fadilah Supari Sp.JP (K) dan Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Bambang Sudibyo M.B.A di tanah seluas 72 Hektar dalam masterplan Jababeka Cikarang seluas 5.600 Hektar.

 

"Di awal tahun 2023 ini, Jababeka akan melakukan peresmian Jababeka Medical City, yang akan diresmikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin. Acara peresmian tersebut akan digelar pada 1 Maret 2023, di Gedung Medical City Cikarang- Kawasan Jababeka," ungkapnya, Selasa (21/2/2023).

 

Tak hanya sekadar meresmikan Jababeka Medical City, Eric menambahkan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga akan memberikan pengarahan terkait Jababeka Medical City dan Kawasan Jababeka. Sejak tahun 2006 hingga 2023, di Kawasan Jababeka telah berdiri 20 rumah sakit yang melayani lebih dari 2 ribu perusahaan dari 34 negara di Kawasan Industri Jababeka dengan karyawan lebih dari satu juta orang.

 

"Selain itu, dalam acara tersebut akan dijelaskan juga oleh SDDarmono mengenai President University sebagai kelengkapan Jababeka Medical City yang saat ini sedang proses mendapatkan izin membuka Fakultas Kedokteran," tambahnya.

 

Dalam acara tersebut, lanjut Eric, akan dihadiri oleh tamu dari berbagai latar belakang. Mulai dari board of director dan board of chairman PT Jababeka Tbk, pimpinan tenant-tenant Kawasan Jababeka, pejabat pemerintah Kabupaten Bekasi, pimpinan Universitas Padjajaran dan universitas-universitas ternama lainnya.

 

Selain itu, dosen-dosen dan jajaran pimpinan President University, pimpinan 30-an rumah sakit di Kabupaten Bekasi, 30 kepala sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi, pimpinan IDI Cabang Kab Bekasi dan Wilayah Jabar, pelaku bisnis dan pejabat instansi terkait lainnya. Total yang diperkirakan hadir dalam acara tersebut sekitar 300-an tamu.

Eric menegaskan, persiapan peresmian Medical City tersebut sudah mencapai 90%. Dengan kerja keras dan dukungan berbagai pihak, persiapannya sedikit lagi selesai. 

 

"Hari ini, jajaran direksi PT Jababeka Tbk meninjau langsung kelapangan untuk melihat persiapan, melakukan doa bersama, dan juga penanaman pohon sebagai bentuk rasa syukur, agar acara tanggal 1 Maret 2023 berjalan lancar," tutupnya.