EmitenNews.com - Wilayah Sumatera Bagian Selatan yakni Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung bakal menjadi lumbung geothermal (panas bumi) Indonesia. Direktur Operasi PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) Eko Agung Bramantyo mengemukakan hal tersebut, saat bertemu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

 

"Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumsel, Bengkulu dan Lampung) ke depan menjadi lumbung geothermal Indonesia yang cukup besar," kata Eko Agung Bramantyo dalam keterangannya, di Bengkulu, Jumat (12/5/2023).

 

Energi geothermal Sumbagsel telah mulai dimanfaatkan, seperti daerah Muara Enim Sumatera Selatan yang saat ini sudah ada yang beroperasi.

 

Selain itu, Bengkulu pun sudah siap dimanfaatkan dengan potensi kapasitas geothermal sebesar 110 Megawatt. Sayangnya, saat ini sedikit terkendala belum selesainya pembangunan pembangkit, sehingga energi tersebut belum bisa dialirkan.

 

"Sekitar 110 Megawatt (MW) sudah siap, tinggal dialirkan kepada pembangkit yang akan dikelola oleh PT PLN. Memang jadwalnya agak mundur sedikit, karena kesiapan pembangkit yang ada terkait dengan pelelangan, maupun pinjaman," kata Eko Agung Bramantyo. ***