EmitenNews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital yang akan diterbitkan BI selain untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari juga bisa digunakan untuk berbelanja di metaverse.


"Nanti rupiah digital akan bisa untuk membeli sepatu, rumah, mobil, bahkan barang di metaverse," kata Perry dalam acara "Talkshow Rangkaian BIRAMA : Meniti Jalan Menuju Rupiah Digital" yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (5/12).


Dengan demikian, hal tersebut yang menjadikan salah satu keunggulan rupiah digital sebagai alat pembayaran yang sah dibanding uang kertas yang saat ini belum bisa digunakan di dunia digital seperti metaverse.


Selain alat pembayaran yang sah untuk membeli barang alias medium of exchange, Perry menuturkan rupiah digital juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai alat satuan hitung atau unit of account.


Dari fungsi tersebut, rupiah digital akan bisa membeli barang lebih dari satu unit, termasuk untuk membeli barang antarnegara. "Satu rupiah digital nanti juga akan ada kursnya dalam dolar AS digital, jadi semuanya nanti dalam dunia digital," paparnya.(fj)