EmitenNews.com - PT Sillomaritime Perdana Tbk (SHIP) memperoleh fasilitas pinjaman dari Bank Mandiri Tbk. (BMRI) pada Kamis (10/11/2022). Dengan nilai pinjaman USD32,5 juta, akan dipergunakan untuk pembiayaan docking kapal dan general purposes.


Dalam keterangan tertulisnya Jumat (11/11/2022), Direktur Utama SHIP, Herjati menuturkan bahwa SHIP dan Bank Mandiri telah menandatangani Perjanjian fasilitas kredit sebesar USD32,5 juta. Jangka waktu perjanjian kredit selama 90 bulan.


Menurut Herjati, pinjaman tersebut akan dipergunakan untuk pembiayaan docking kapal dan general purposes.


Herjati menambahkan pinjaman ini akan menunjang langsung kegiatan usaha dan operasional perseroan serta tidak ada hubungan afiliasi antara SHIP dan Bank Mandiri.


Sillomaritime Perdana Tbk (SHIP), perusahaan yang bergerak di jasa pelayaran, khususnya penyediaan armada lepas pantai untuk industri minyak dan gas (migas) Perseroan terus melakukan ekspansi bisnis dengan penambahan armada kapal.


Perseroan kembali membeli 1 unit kapal Liquefied Natural Gas (LNG) Tanker berukuran 145 ribu meter kubik bernama Golden Isaia (eks Methane Shirley Elisabeth) pada 14 September 2022 melalui entitas anaknya, PT Golden Prima Maritim.


Dengan adanya pembelian kapal baru, sampai saat ini Perseroan telah menggunakan 65% dari total capex yang dianggarkan pada tahun ini yaitu sebesar USD 100 juta. Dengan adanya penambahan kapal LNG itu, diharapkan dapat memberikan kontribusi pendapatan sebesar 10% dari total proyeksi pendapatan tahun ini.


Direktur Keuangan Perseroan, Hans Raymond Ekajaya mengatakan, pencapaian pendapatan dan laba bersih Perseroan di Semester I 2022 masing-masing sudah hampir mencapai 50% dari target pendapatan dan laba bersih Perseroan untuk tahun 2022. Ia optimistis dengan adanya penambahan kapal baru, kinerja Perseroan di tahun 2022 ini akan semakin solid. ***