EmitenNews.com -PT Logisticsplus International Tbk (LOPI) perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan transportasi bakal menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). 

 

Mengutip laman e-ipo, Selasa (3/10/2023), Perseroan bakal melepas sebanyak-banyaknya 300 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 25 setiap saham. Angka tersebut mewakili 27,27 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah IPO.

 

Adapun harga penawaran saham dipatok sebesar Rp 100 per saham. Dengan demikian, Logisticsplus International bakal meraup dana segar sebanyak Rp 30 miliar. 

 

Sebagai pemanis, Perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 150.000.000 Waran Seri I atau sebesar 18,75 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran.

 

Waran Seri I diterbitkan dengan nilai nominal Rp 25 per saham. Lalu, harga pelaksanaan Waran Seri I sebesar Rp 200. Sehingga, dana yang dapat diraup maksimal Rp 30 miliar

 

Dalam melancarkan aksinya, calon emiten dengan kode saham LOPI menunjuk PT Elit Sukses Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

 

Sementara itu, Perseroan akan menggunakan dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang berhubungan dengan penawaran umum perdana saham seluruhnya akan digunakan sekitar 60 persen untuk modal kerja operasional.

 

Selain itu, sekitar 9 persen akan digunakan untuk pembelian software Cargo Wise dan alat-alat teknologi untuk mendukung operasional dan penjualan serta mengintegrasikan sistem operasional perusahaan, keuangan, sales, marketing dan pengelolaan aset.

 

Sistem teknologi informasi tersebut berguna untuk mengintegrasikan dengan pelanggan, kantor cabang, National Logistic Ecosystem (NLE), kantor perwakilan luar negeri, bea cukai, fasilitas pergudangan milik sendiri ataupun pelanggan.