EmitenNews.com - PT Global Digital Niaga (GDN) atau yang terkenal dengan brand Blibli.com telah menandatangani Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham (PPPS), sehubungan dengan rencana pengambilalihan atau akuisisi saham pengelola ranch market dan farmers market yaitu PT Supra Boga Lestari tbk (RANC).

 

Melalui keterangan resminya, GDN bakal mengambilalih sebesar 797,88 juta saham atau setara 51% dari modal ditempatkan dan modal disetor Supra Boga Lestari yang dimiliki oleh para penjual. Dengan demikian, nantinya GDN atau Blibli.com akan menjadi pengendali baru di Supra Boga Lestari.

 

Disebutkan bahwa beberapa pihak yang akan melepas saham RANC kepada Bilibli.com ini adalah PT Wijaya Sumber Sejahtera dengan kepemilikan 26,8 persen, PT Prima Rasa Inti dengan kepemilikan 18,72 persen, PT Gunaprima Karyaperkasa dengan kepemilikan 15,12 persen. Kemudian ada PT Ekaputri Mandiri dengan kepemilikan 7,56 persen, Dr. David Kusumodjojo dengan kepemilikan 5,36 persen, Suharno Kusumodjojo dengan kepemilikan 2,11 persen, dan Harman Siswanto dengan kepemilikan 0,13 persen.

 

Menurut informasi, adapun tujuan pengambilalihan RANC adalah untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem Perseroan sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.

 

Sebagai informasi, Supra Boga Lestari merupakan perusahaan dengan kegiatan usaha utama bergerak di bidang perdagangan ritel modern di bawah merek Ranch Market. Sejak 2010 perusahaan telah melakukan perjanjian pemutusan lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market USA sehingga memperoleh izin penggunaan merek Ranch Market di Indonesia dan terpisah dengan Ranch Market USA.