EmitenNews.com - Anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), yaitu PT BNI Finance, berhasil mencatat pertumbuhan positif sepanjang tahun 2023. Dengan demikian, BNI Finance semakin yakin dapat mengoptimalkan segala potensi peningkatan kinerja perusahaan dan kontribusi terhadap BNI Group pada tahun 2024.

BNI Finance berhasil mencatat pembiayaan sebesar Rp3,19 triliun, mengalami peningkatan 7,5 kali lipat dibandingkan dengan kinerja perseroan pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai pembiayaan sebesar Rp 422 miliar.

Menurut Direktur Utama BNI Finance, Yenanto Siem, pencapaian kinerja yang signifikan ini terjadi berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk BNI sebagai pemegang saham, dealer rekanan, mitra kerja, dan seluruh karyawan yang berdedikasi tinggi.

Keberhasilan ini juga mencerminkan komitmen perusahaan untuk memberikan kinerja baik setelah berhasil mendapatkan suntikan modal sebesar total Rp 800 miliar dari induk usaha pada semester II 2023.

"Kinerja yang dicapai selama 2023 ini merupakan bukti atas keberhasilan transformasi yang dilakukan oleh BNI Finance dan pencapaian ini merupakan fondasi yang kuat bagi kami untuk terus bertumbuh dan menunjukan eksistensi di industri pembiayaan Indonesia, serta terus memberi kontribusi positif pada kinerja BNI Group,” kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (18/1).

Dia menjelaskan, BNI Finance juga telah membukukan aset sebesar Rp3,79 triliun atau meningkat 272% secara YoY (year on year) dibandingkan dengan 2022 yang mencatatkan aset sebesar Rp1,02 triliun.

Peningkatan aset ini dipacu oleh keberhasilan BNI Finance dalam memperbesar porsi segmen pembiayaan konsumer dan memperluas jaringan pemasaran. 

Peningkatan nilai aset ini didorong oleh kesuksesan BNI Finance dalam meningkatkan proporsi pembiayaan konsumer dan mengembangkan cakupan pemasaran.