EmitenNews.com - PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk.(OLIV) akan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) sebanyak 400.000.000 lembar saham atau 21,10 persen dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah IPO yang merupakan saham baru yang dikeluarkan dari portepel Perseroan dengan nilai nominal Rp10,00 setiap saham.

 

Dalam prospektus e-ipo yang dipublikasikan hari ini Senin (4/4) disebutkan OLIV mulai melakukan penawaran awal atau Book Building pada hari ini 4 April 2022 - 14 April 2022 rentang harga Rp 100 hingga Rp 125 per saham. Dari IPO perusahaan Perdagangan eceran furniture untuk barang perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan dapur ini bakal meraup dana sekitar Rp50 miliar.

 

Bersamaan dengan penerbitan Saham Baru, Perseroan juga menawarkan Waran Seri I sebesar sebanyak-banyaknya 400.000.000 Waran Seri I, yang mewakili sebanyak-banyaknya 26,67% dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh pada saat Pernyataan Pendaftaran disampaikan kepada OJK. Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian Saham Biasa Atas Nama yang bernilai nominal Rp10,00 setiap sahamnya.

 

Bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek yakni Danatama Makmur Sekuritas menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap sisa Saham Yang Ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum.

 

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, sekitar 11,78% akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal terkait renovasi Gudang dan memperkuat jaringan perdagangan produk-produk furnitur dengan menambah armada owen-leet berupa truk. "Terkait hal ini, Perseroan masih dalam tahap penjajakan bagi pihak yang akan ditunjuk sebagai lawan transaksi dengan Perseroan. Perseroan memperkirakan jangka waktu pelaksanaan penggunaan dana sekitar 2 tahun,"jelas Manajemen OLIV.

 

Kemudian sekitar 88,22% dari dana hasil IPO itu akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja dalam bentuk pembelian persediaan, gaji karyawan, serta kegiatan pemasaran. Penggunaan dana Penawaran Umum ini juga meliputi penyewaan gudang-gudang baru.

 

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja dalam bentuk pembelian persediaan, gaji karyawan, serta kegiatan pemasaran.

 

Masa Penawaran Awal diperkirakan akan dilaksanakan pada 4 April . 14 April 2022, sehingga Perseroan dapat mengantongi tanggal efektif pada 21 April 2022. Kemudian dalam dilanjutkan ke Masa Penawaran Umum Perdana Saham pada 22 April - 27 April 2022.

 

Perseroan adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan furnitur online. Sebagai salah satu pionner di penjualan online, Perseroan diundang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace, salah satunya JD.ID dimana Perseroan memperoleh penghargaan sebagai toko furniture pertama di marketplace tersebut. Awalnya, Perseroan menggunakan kesempatan tersebut sebagai Channel (Saluran) penjualan tambahan untuk kegiatan usahanya. Namun dengan meningkatnya tren belanja online dan akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, pada hari ini penjualan online menjadi salah satu kontribusi terbesar terhadap penjualan Perseroan.