EmitenNews.com - PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY) akan melakukan penawaran Umum Perdana saham alias Initial Public Offering IPO sebanyak-banyaknya 939.779.100 saham biasa atas nama, atau sebesar 15,00% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah setelah IPO dengan nilai nominal Rp5 setiap saham.


Calon emiten Perusahaan Holding, Portal Web dan/atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial dan Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan tersebut  melakukan penawaran awal atau book bulding  mulai hari ini 21 November 2022  hingga 29 November 2022 dengan Harga Penawaran berkisar antara Rp350 - Rp450 setiap saham. Sehingga dana yang bakal diraup dari OPO ini sebanyak-banyaknya sebesar Rp422.900.595.000.

 

Dalam prospektus e-ipo yang disampaikan hari ini Senin (21/11) disebutkan, perseroan juga melaksanakan Employee Stock Allocation (“ESA”) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 1.000.000 (satu juta) saham biasa atas nama atau sekitar 0,11%  Yang Ditawarkan pada saat Penawaran Umum Saham Perdana untuk program ESA saham kepada karyawan.

 

Selain itu,  Perseroan juga telah menyetujui pelaksanaan Program Management and Employee Stock Option Plan (“MESOP”)  sebanyak-banyaknya sebesar 532.541.400  saham biasa atas nama atau sebanyak-banyaknya 7,83%  dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, Pelaksanaan ESA, dan Pelaksanaan MESOP.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana efek PT BRI Danareksa Sekuritas PT Surya Fajar Sekuritas PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Para Penjamin Emisi Efek menjamin secara kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap sisa Saham Yang Ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham

 

 Sedangkan dana hasil IP sekitar 42% akan digunakan sebagai pemberian pinjaman kepada Entitas Anak Perseroan, yaitu VMI untuk dijadikan sebagai modal kerja bisnisnya dalam menjadi pemberi dana kepada Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (“LPBBTI”) dan Sekitar 30 % akan digunakan untuk pengembangan bisnis yakni untuk pengembangan sistem informasi teknologi Perseroan, terutama untuk pengembangan Super-app Perseroan. Saat ini Perseroan memiliki Super-app yang Bernama VENTENY.

 

Perseroan menjalankan usaha yang bergerak di bidang Portal Web dan/ atau Platform Digital dengan Tujuan Komersial, Aktivitas Pengolahan Data, Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan melalui Internet (E-Commerce), Aktivitas Perusahaan Holding, Perantara Moneter Lainnya, Penerbitan Piranti Lunak (Software) dan Aktivitas Jasa Keuangan Lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain, Bukan Asuransi dan Dana Pensiun.