EmitenNews.com - Uji coba sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali - Mandara hanya diberlakukan untuk kendaraan roda empat. Untuk sepeda motor, menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), masih tapping atau melakukan transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik, dan belum menjadi bagian dari masa transisi dalam uji coba.

 

"Untuk yang diberlakukan masa transisi uji coba MLFF adalah kendaraan roda empat," ujar Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Kementerian PUPR Ali Rachmadi dalam seminar di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

 

Untuk sepeda motor masih tapping atau melakukan transaksi tol dengan menggunakan kartu uang elektronik, dan belum menjadi bagian dari masa transisi dalam uji coba MLFF. Namun ke depannya disiapkan sistem dan lajur MLFF juga. Jadi, sepeda motor akan menggunakan aplikasi Cantas nantinya.

 

Terkait uji coba MLFF di Jalan Tol Bali Mandara tersebut, BPJT mempersiapkan semua infrastrukturnya terlebih dahulu sampai tuntas, lalu dilakukan uji coba sesegera mungkin.

 

Ali Rachmadi berharap uji coba MLFF di Tol Bali Mandara lebih cepat dari bulan Juni 2023. Pihaknya akan menyesuaikan kondisinya. ***