EmitenNews.com - Jangan membeli, apalagi mengonsumsi Kinder Joy untuk sementara waktu. Saat ini, Kinder Joy tengah diuji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan tidak mengandung bakteri Salmonella. Sejumlah negara sudah menarik produk cokelat merek Kinder Surprise dari pasar. Di antaranya Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.


Dalam konferensi pers usai meluncurkan Program Pangan Aman Goes To Campus, Kamis (14/4/2022), Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), Penny Kusumastuti Lukito meminta masyarakat segera melapor jika menemukan produk cokelat Kinder yang tidak terdaftar di Badan POM. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan produk Kinder yang belum terdaftar di Badan POM beredar di e-commerce.


Badan POM telah meminta pemilik izin edar untuk menghubungi distributor di seluruh Indonesia guna melakukan penarikan Kinder Joy dari pasar. Para pemilik izin edar, kata Penny, sudah berkolaborasi dengan baik. "Jadi mereka secara sukarela menarik dulu peredaran masing-masing produknya, disimpan dulu."


Produk merek Kinder yang terdaftar di BPOM dengan nama varian antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.


Badan POM tengah menguji sampel produk Kinder Joy di seluruh wilayah Indonesia. Pengujian untuk mengetahui apakah produk tersebut mengandung bakteri Salmonella. Pengujian sampel Kinder Joy sudah dilakukan sejak Jumat (8/4/2022). Hasilnya, minggu ketiga April ini akan keluar.


Pengujian sampel Kinder Joy merupakan bentuk kehatian-hatian Badan POM. Sejumlah negara menemukan produk cokelat Kinder terkontaminasi dengan bakteri Salmonella, seperti Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.


Produk Kinder di negara tersebut berbeda dengan di Indonesia. Di Inggris misalnya, produk Kinder di negara itu diproduksi di Belgia. Sementara produk Kinder yang beredar di Tanah Air diproduksi di India. Tetapi, karena produk ini untuk anak-anak, diperlukan kehati-hatian, walaupun fasilitas produksinya berbeda dengan India.


Sejumlah negara menarik produk cokelat merek Kinder Surprise dari pasar. Di antaranya Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia. Pada 2 April 2022, Food Standard Agency atau FSA Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise.


Produk Kinder itu diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid) dengan gejala ringan yang ditimbulkan adalah diare, demam, dan kram perut. Korban yang terdampak sebanyak 63 orang anak-anak, namun tidak sampai menyebabkan kematian.


Produk yang ditarik ialah cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi 3 @ 20 gram, dengan batas tanggal kedaluwarsa masing-masing produk sampai 7 Oktober 2022.


Penarikan produk diperluas dengan menambahkan beberapa varian, yaitu produk merek Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, dan Kinder Schokobons kemasan 200 gram dengan tanggal kedaluwarsa 20 April 2022 sampai 21 Agustus 2022. Semua produk cokelat Kinder diproduksi oleh Ferrero N.V/S.A di Belgia.


"Keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik tersebut di atas tidak terdaftar di Badan POM," kata Badan POM Penny Kusumastuti Lukito. ***