EmitenNews.com - Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), atau BRI sangat jelas. Perseroan senantiasa siap berjibaku untuk memberdayakan dan mendampingi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar terus berkembang hingga menembus pasar internasional. Hal ini dilakoni BRI menjelang hari jadi ke-128 tahun, melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7-10 Desember 2023. 

 

Dalam keterangannya yang dikutip Minggu (3/12/2023), Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa sebagai bank yang fokus di UMKM, perseroan tidak ingin hanya menjalankan fungsi intermediasi. “BRI ingin memberdayakan dan menaikkelaskan UMKM melalui berbagai inovasi, di antaranya melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sebagai program yang sudah dihadirkan BRI sejak 2019.”

 

Ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR diselenggarakan sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri. Dengan adanya program ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor nasional.

 

Sunarso menjabarkan bahwa nilai kesepakatan melalui business matching di ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR terus bertambah. Pada 2019 sebesar USD33,5 juta, naik pada 2020 menjadi USD57,5 juta dan pada 2021 kembali meningkat menjadi USD72,1 juta. Pada 2021 menjadi sangat menarik karena BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Kemudian pada 2022 lalu itu nilainya mencapai USD76,7 juta.

 

“Tahun ini kami targetkan nilai kontrak mencapai USD80 juta. Saya kira yang paling penting, tujuan utama adalah memperkuat neraca jam kerja yang dilakukan oleh masyarakat banyak, bukan sekadar neraca perdagangan,” imbuhnya.

 

Sunarso menambahkan bahwa melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, diharapkan pelaku UMKM meningkatkan nilai tambah, sehingga dapat memberikan pekerjaan kepada masyarakat sebagai salah satu jalan mencapai kesejahteraan.

 

Wujud keseriusan BRI, bank yang fokus pada pengembangan UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR adalah wujud keseriusan BRI, sebagai bank yang memang fokus mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia melalui pembinaan dan pemberdayaan.

 

Tujuannya, kata Amam, BRI tidak ingin berhubungan bisnis dengan nasabah hanya di satu titik. “Tapi kami ingin berhubungan dengan nasabah itu juga dengan cara yang sustainable. Yang nantinya ke depan bisa tumbuh bersama.”