EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) siap mengganti dana jika nasabah terbukti tidak terlibat fraud. Pernyataan itu, merespons video viral di media massa oleh salah seorang nasabah BTN. 


”Benar seorang wanita yang videonya viral merupakan nasabah Bank BTN," tutur Achmad Chaerul, Corporate Secretary Bank BTN, di Jakarta, Minggu (19/3).


Chaerul mengatakan, nasabah dalam video tersebut baru melengkapi sebagian bukti pendukung klaim saldo rekeningnya pada awal Maret 2023. Klaim saldo yang diajukan nasabah ternyata tidak sesuai dengan pencatatan yang ada pada bank.


Menurut Chaerul, ada kejanggalan dalam laporan pengaduan nasabah. Di mana, saldo rekening yang diklaim berubah-ubah. Menanggapi itu, Bank BTN telah melaporkan permasalahan tersebut ke aparat penegak hukum. ”Masalah itu telah kami laporkan kepada penegak hukum untuk mendapat fakta sesungguhnya," katanya.


Chaerul menegaskan, jika dalam proses hukum dapat dibuktikan nasabah tidak terlibat fraud atau tidak terdapat kelalaian, dan bank terbukti lalai atau terdapat penyalahgunaan dana nasabah oleh pegawai, bank akan bertanggung jawab mengganti dana nasabah.


Bank BTN juga menghimbau para nasabah untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi baik berupa identitas, buku tabungan, PIN maupun data pribadi lainnya. Itu wajib dilakukan untuk mencegah-hal yang bisa merugikan nasabah. (*)